Belum Punya NISN, Satu Klik Keluar NISN



Sahabat Infos87 yang kami hormati,
saat ini kita lagi diberikan tugas untuk pengajuan NISN baru, yang mana NISN ini otomatis akan kelura jika kita melakukan Verval NISN
Saat ini para siswa dan Sekolah bisa berlega hati karena ada tempat untuk mengajukan NISN tanpa bersusah payah, yaitu dari hasil pendataan di Dapodik yang belum punya NISN secara otomatis akan dibuatkan oleh PDSP (Pusat Data Statistik Pendidikan).
setelah OPS  melakukan verval peserta didik maka munculah posting tentang Verval Peserta Didik ini. 
Berikut kami berikan Langkah langkah Verval Peserta Didik untuk Mendapatkan NISN.
Silahkan Unduh Tutorial Verval PD dengan Menu Tambahan disinihttps://app.box.com/s/pnr8gd974w2jmgou4bgm
  1. Buka laman berikut http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/sys/login , Isi Username dan password sesuai login di Aplikasi Dapodik.
  2. Kita akan diberikan grafik verval peserta didik, berapa persen antara data NISN yang sudah valid dan belum valid.
  3. Setelah itu kita klik tab Referensi yaitu data NISN yang sudah valid antara Dapodik dengan PDSP
  4. Pada tab Residu inilah pokok pada verval peserta didik ini, dimana kita akan memverifikasi dan memvalidasi data siswa yang masuk ke Residu, siapa saja yang masuk Residu antar lain siswa kelas 1 yang pastinya belum punya NISN, siswa yang sudah punya NISN tapi datanya berbeda antara Dapodik dengan PDSP, Siswa yang sama sekali belum memiliki NISN.
         Contoh  Siswa Kelas 1 dipastikan pilihannya adalah No Match
  5. Bagaimana langkah vervalnya apabila Siswa Kelas 1 dan yang sama sekali belum Punya NISN, ya tinggal klik No Match. karena secara otomatis system memberikan pilihannya hanya No Match, pilihan matchnya tidak aktif.
  6. Terus Apabila Verval Siswa yang datanya berbeda dengan antara Dapodik dengan PDSP, silahkan cek data siswa di bagian atas (dapodik) dan bagian bawah (PDSP), pada bagian mana yang berbeda?kalo contoh dibawah ini yang berbeda penulisan nama. Rovi Adi Irawan (dapodik) dan Rofi Adi Irawan (PDSP), cara mengeksekusinya adalah centang nama Di bagian (PDSP) terus klik Pilihan No Match.
  7. Setelah proses diatas dilakukan Nama Rovi Adi Irawan akan hilang dari Residu dan pindah ke referensi.
  8. Kalau Datanya Sudah Betul tapi belum masuk Referensi padahal di Residu Antara Dapodik Dengan PDSP sudah pas maka pilihannya Match. 
  9. Dan bagaimakah kalau siswa belum masuk ke referensi padahal di dapodik ada, silahkan lihat di dapodik pastikan siswanya ada terus di sync lagi, supaya PDSP mengambil data terbaru anda. ingat Nama, tempat tanggal lahir mengacu pada akte.
  10. Setelah Proses Verval Peserta Didik di Residunya sudah 0% maka, lakukan generate prefil dengan berkordinasi dengan Operator Dinas Setempat untuk mengeneratekan prefill kita selanjutnya kita unduh prefill di http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/prefill, selanjutnya replace kan ke folder prefill_dapodik di drive c kompi/lepi kita. buka aplikasi dapodik. lihat NISN siswa yang sebelumnya belum punya NISNnya, apakah sudah masuk atau belum secara otomatis. atau dengan cara manual dengan copas Blok semua kolom di referensi terus copaskan ke excel, masukkan satu per satu NISNnya di aplikasi dapodik.
unduh Tutorial Verval NISN PDSP https://app.box.com/s/x1j03902itz9h507gsh8
dan Presentasi VERVAL NISN  https://app.box.com/s/gjlorfee1dx02d8htdyo
sumber : https://www.facebook.com/notes/daffa/langkah-langkah-verval-peserta-didik-untuk-mendapatkan-nisn/1564542530435174

0 Response to "Belum Punya NISN, Satu Klik Keluar NISN"

Post a Comment

Terima Kasih sudah berkunjung dan membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar, Jangan Lupa Like Halaman FB Info Seputar Madrasah