PROFESI GURU SEBAGAI PANGGILAN JIWA

Infosekolah87.com- Sebelum era sekarang, telah lama sekali profesi guru di Indonesia dipersepsi oleh masyarakat sebagai "profesi kelas dua" idealnya, pilihan seseorang menjadi guru adalah "panggilan jiwa" untuk memberikan pengabdian pada sesama manusia untuk mendidik, mengajar, melatih yang diwujudkan melalui proses belajar mengajar serta pemberian bimbingan dan pengarahan kepada siswa agar mencapai kedewasaan masing-masing.


dalam kenyataan dilapangan profesi guru tidaklah sekedar panggilan jiwa, tetapi juga memerlukan seperangkat keterampilan dan kemampuan khusus. 

Guru adalah profesi terhormat. Howard M. Vollmer dan Donald L. Mills (1996) mengatakan bahwa profesi guru adalah jabatan yang memerlukan kemampuan itelektual yang khusus, yang diperoleh dari latihan dam kegiatan belajar yang bertujuan untuk menguasai keterampilan atau keahlian dalam melayani atau memberikan advis pada orang lain dengan memperoleh upah atau gaji dalam jumlah tertentu. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keprofesionalan guru. inilah caranyameningkatkan kompetensi guru

Guru Profesional memilik area khusus untuk berbagi minat, tujuan dan nilai-nilai profesional serta kemanusian mereka. Dengan sikap dan sifat semacam itu, Guru profesional memilik kemampuan profesionalisasi secara terus menerus, memotivasi diri, mendisiplinkan dan meregulasi diri, mengevaluasi diri, mengembangkan diri, berempati serta menjalin hubungan yang efektif.

Dulu orang jika ingin menjadi guru pasti banyak orang yang tidak setuju, sehingga banyak orang tua yang menyekolahkan anaknya di luar jalur pendidikan atau keguruan. Tetapi sejak ada perhatian dari pemerintah tentang nasib \guru, melalui program-program yang menyejahtrahkan guru, baik PNS maupun Honore seperti program SERTIFIAKSI dan lain sebaganinya.

0 Response to "PROFESI GURU SEBAGAI PANGGILAN JIWA"

Post a Comment

Terima Kasih sudah berkunjung dan membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar, Jangan Lupa Like Halaman FB Info Seputar Madrasah