Baru 8 Tips Belajar yang Efektif

Selamat siang sahabat setia infos87, kali ini infos87 akan berbagi tentang 8 tips belajar yang efektif, semoga dengan tips ini kita bisa belajar lebih efektif 
1.  Buat sesuatu yang anda pelajari terlihat menarik

Sahabat infos87, belajar adalah rutinitas setiap hari, maka harus ada hal yang harus berbeda setiap kita akan belajar, buatlah pelajaran itu lebih menarik, tidak hanya membaca materi atau melihat-lihat buku yang ada di dalam tas kita. contoh saja kita belajar sejarah, bisa kita cari video di youtub tentang video yang relevan atau yang sama dengan materi kita. atau kita membuat aplikasi atau penerapan dalam kehidupan sehari-hari

2.  Makan camilan di tengah proses belajar

sahabat Infos87, tips yang kali ini sedikit melenceng kalau kita lihat sekilas, masak kita belajar sambil makan padahal disekolah aja, tidak boleh makan jajan pada saat pelajaran betul ndak............, emang seharusnya begitu. tapi dengan makan snack atau makanan ringan atau ngemil bisa menigkatkan konsentrasi belajar. pada saat kita bosen istirahatlah 1-2 menit kita ngemil, tapi ingat.. jangan kita makan-makanan yang mengenyangkan.

3.  Cari tempat yang nyaman dan tenang

Sahabat infos87, tips yang satu ini pasti banyak yang berpikir tempat yang nyaman adalah kuburan atau makam, kan tempatnya yang nyaman sepi.... padahal kita kalau belajar di makam pasti kita malah tidak nyaman, malah takut tidak jadi belajar. yang di maksut nyaman adalah jauh dari keramian sehingga kita benar-benar bisa fokus, dalam memahami pelajaran.jangan sekali-kali kita memaksakan diri kita belajar dalam keadaan ramai, karena pasti kita tidak akan paham. yang bisa yang masuk dalam otak kita adalah keramaian.

4.  Belajarlah saat dalam kondisi paling bugar/fresh

Sahabat infos87, pernahkah kalian belajar rasanya pengen ngantuk aja, atau lelah, cobalah mulai dari sekarang belajarlah pada saat kita benar-benar fresh, bisa saat habis mandi, bangun tidur siang, bangun pagi. karena dengan tubuh kita fresh kita lebih bisa memahami materi. dari pada kita saat lelah. sekali lagi ingat jika kita ingin belajar jangan sekali-kali kita melakukan aktifitas yang melelahkan.


5.  Bagi periode belajar dalam beberapa sesi.  Jangan belajar terlalu lama

Sahabat Infos87, Tips ini sangat penting, namun sering dilupakan karena kondisi waktu yang sudah terlalu mepet.  Dalam pola belajar ideal, anda tidak boleh menghadapi buku terlalu lama tanpa diselingi aktivitas apapun.  Cobalah untuk beristirahat dan memberikan jeda antara 15 sampai 30 menit setiap kali anda belajar selama 45 menit.  Hal ini terbukti lebih efektif daripada belajar 2 jam secara berturut-turut tanpa jeda sama sekali.

6.  Minum air putih secukupnya

Sahabat infos87, punyakah kalian air putih, tapi kebanyakan anak sekolah kita tidak suka air putih, senangnya pada jajan air es, dawet. ice cream, padahal Air putih memiliki fungsi alami untuk membuat tubuh menjadi segar, apalagi setelah berkonsentrasi lama mempelajari sesuatu.  Sediakan segelas air putih di saat anda belajar.  Di saat anda merasa mulai kehilangan konsentrasi, mata lelah, atau bosan, teguklah segelas air putih.  Selain berfungsi untuk mengembalikan konsentrasi yang mulai buyar, air putih juga bisa membuat anda lebih sehat dan segar.

7.  Belajar dengan kata kunci

Sahabat infos87, kunci adalah sesuatu yang harus ada pada setiap aktiftas kita maka Selalu pelajari sesuatu dari hal-hal terpenting, dengan menggunakan konsep kata kunci.  Misalkan ketika anda mempelajari tentang klasifikasi hewan, pelajari dulu nama-nama dalam klasifikasinya, seperti : mamalia, aves, pisces, reptil, dan sebagainya.  Setelah anda memegang kata-kata kunci dan konsep-konsep penting dalam sebuah bab, baru anda mulai mencoba memahami definisi dan contoh-contoh dari poin-poin penting yang sebelumnya anda pelajari.  Cara ini sangat membantu anda untuk belajar lebih sistematis dan efisien.

8.  Bersihkan meja belajar dari barang-barang yang tidak diperlukan

Sahabat infos87, Jangan sampai meja tempat anda belajar dipenuhi dengan benda-benda yang bisa mengalihkan perhatian.  Singkirkan telepon, laptop, serta benda lain yang tidak berhubungan dengan aktivitas belajar anda.  Pastikan juga alat tulis dan kertas yang anda perlukan terletak dalam jarak jangkauan anda.  Ingat, salah satu penyebab gagalnya aktivitas belajar adalah terlalu banyaknya hal-hal lain yang bisa mengalihkan aktivitas anda.  Jika hal-hal pengalih perhatian itu dijauhkan dari jangkauan, maka anda akan lebih mudah fokus dan berkonsentrasi dalam menyerap materi.

Itulah 8 tips belajar yang efektif

0 Response to "Baru 8 Tips Belajar yang Efektif"

Post a Comment

Terima Kasih sudah berkunjung dan membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar, Jangan Lupa Like Halaman FB Info Seputar Madrasah