OBJEK PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) 2015


infosekolah87.com- Objek peneletian tindakan kelas merupakan hal yang sangat penting dalam mempersiapkan peneltian. disini objek penelitian tindakan kelas adalah sesuatu yang aktif dan dikenai oleh aktifitas penelitian. bukan objek yang sedang diam dan tanpa gerak. 

objek-objek tersebut adalah :


  1. Unsur Siswa. objek yang satu ini dapat dicermati ketika siswa yang bersangkutan melalukan kegiatan pembelajaran baik didalam ruangan atau di luar ruangan. contoh judul yang dapat diteliti adalah tentang keseriusan anak, atau kebiasaan siswa pada saat pembelajaran dan lain sebagainya.
  2. Unsur Guru. Objek ini juga dapat diamati ketika seorang guru sedang melakukan pembelajaran atau membimbing siswa, atau seorang guru sedang berkunjung kerumah siswa. contoh judul yang dapat diangkat adalah cara pengajaran kepada siswa, metode apa yang sedang dipakai saat pembelajaran
  3. Unsur Materi Pelajaran. dapat dicermati dari materi yang tertulis dalam RPP dan terutama materi saat disajikan pada siswa, bagaimana penyajiannya apakah sudah sesuai dengan apa yang ditulis di RPP.
  4. Unsur Peralatan atau Sarana Pendidikan. Dapat dicermati ketika guru sedang mengajar dengan tujuan meningkatkan hasil belajar.
  5. Unsur Hasil Pembelajaran. Dapat ditinjau dari tiga ranah yang dijadikan titik tujuan yang harus dicapai melalui pembelajaran.
  6. Unsur Lingkungan Belajar. Dapat dilihat baik lingkungan siswa dikelas, sekolah, maupun yang melingkupi siswa dirumahnya.
  7. Unsur Pengelolaan Pembelajaran. Merupakan kegiatan yang sedang dikerjakan dan dapat diatur atau direkayasa dalam sebuah tindakan

0 Response to "OBJEK PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) 2015"

Post a Comment

Terima Kasih sudah berkunjung dan membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar, Jangan Lupa Like Halaman FB Info Seputar Madrasah