PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN AUTENTIK

infosekolah87.com- Sebagai bagian dari kurikulum berbasis kompetensi, penilaian autentik sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor dan komponen yang ada di dalamnya. namun disini guru mempunyai posisi yang sentral dalam menentukan keberhasilan dan kegagalan dalam pembelajaran.

untuk itu Penilian autentik harus memperhatikan beberapa prinsip-prinsip diantaranya adalah:

baca juga SERTIFIKASI BATAL DIHAPUS
  1. VALID adalah penilian autentik harus mengukur sebuah obyek dengan alat ukur yang sesuai atau valid. Apabila tidak ada kesesuian maka penilian ini tidak sah, sehingga data yang didapat bisa dikatakan data yang salah.
  2. MENDIDIK adalah penilaian harus memberikan sumbangsih yang positif terhadap pencapaian pembelajaran.
  3. BERORIENTASI PADA KOMPETENSI adalah menilai kemampuan siswa yang terdiri dari pengetahuan, sikap dan keterampilan. dengan pijakan ini data yang didapatkan akan jelas.
  4. ADIL dan OBJEKTIF adalah penilaian harus dilakukan secara adail, tidak ada perbedaan pada setiap siswa.
  5. TERBUKA adalah penilaian harus dilakukan secara terbuka kepada pihak-pihak yang mempunyai kepentingan baik secara langsung atau tidak langsung.
  6. BERKESINAMBUNGAN adalah penilaian harus dilakukan secara terus menerus berkesinambungan dari waktu ke waktu.sehingga perkembangan anak dapat di pantau
  7. MENYELURUH adalah penilaian harus dilakukan secara menyeluruh yang mencakup aspek kognitif afektif, dan psikomotorik.
  8. BERMAKNA adalah penilaian autentik diharapkan dapat memberikan makna yang sgnifikan bagi semua pihak. untuk itu penilian autentik harus mudah dipahami oleh semua pihak.

0 Response to "PRINSIP-PRINSIP PENILAIAN AUTENTIK"

Post a Comment

Terima Kasih sudah berkunjung dan membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar, Jangan Lupa Like Halaman FB Info Seputar Madrasah