5 Usaha Sampingan yang Cocok bagi guru

5 Usaha Sampingan yang Cocok bagi guru
5 Usaha Sampingan yang Cocok bagi guru- Sahabat infosekolah87 sahabat seperjuangan yaitu guru se Indonesia kita harus tetap Bersyukur karena kita masih diberi kesempatan untuk menjadi seorang guru. Karena kita masih bisa mengamalkan  ilmu kepada murid-murid dengan jalan mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih serta mendidik mereka. Sayangnya kabanyakan kita kalau kita lihat dari segi honor sangatlah jauh dengan apa yang sudah dikerjakan.
Kita sebagai guru Honorer rata-rata adalah tidak kurang dan tidak lebih Rp 300.000, bahkan ada yang mendapat Rp 100.000 per bulan. Sangat Menyedihkan memang, tapi kita harus tetap bersyukur. Sekarang,  apakah kita harus tetap berkutat dengan pendapatan beberapa ratus ribu perbulan? Tentu tidak, masih ada dan banyak peluang yang bisa didapat untuk menambah uang kita, yaitu dengan cara berbisnis.
Seor ang guru mempunyai kesempatan untuk membangun sebuah bisnis. Karena Profesi guru biasanya punya lebih banyak waktu luang dari pada  karyawan kantoran yang pada umumnya berangkat pagi hari dan pulang sore hari, bahkan bisa sampai malam hari.
guru memiliki waktu luang setelah kegiatan belajar mengajar usai, pulang sekolah pada umumnya berakhir pada pukul 13.00 atau paling lama 14.00. Bahkan pada hari jumat dan sabtu kegiatan belajar mengajar bisa berakhir lebih awal. Nah, waktu luang itu dapat digunakan  guru untuk melakukan aktivitas usaha sampingan yang berpotensi menguntungkan tanpa harus mengganggu kegiatan mengajar di sekolah.
1. Usaha Les atau Bimbingan Belajar
guru pasti sangat terbiasa dengan kegiatan belajar mengajar. Untuk itulah seorang guru yang berpendapatan kecil sangat cocok untuk memulai usaha sampingan les atau bimbingan belajar. Beruntung jika Anda sudah menguasai beberapa mata pelajaran karena Anda bisa membuka usaha ini dengan klasifikasi lebih dari satu pelajaran.
2. Usaha Menjual Barang di Koperasi
sekolah pada umumnya memiliki atau membuka koperasi yang dikelola oleh pihak sekolah itu sendiri. Pastikan Anda melihat koperasi sebagai peluang bisnis. Ingat kita Bukan membuka koperasi baru, namun menjadi seorang penyetok barang kebutuhan siswa yang memang tidak tersedia di koperasi sekolah.

3. Usaha Kuliner atau Makanan
Jika Anda memang seorang guru yang menyukai bidang kuliner, mengapa tidak menjadikannya sebagai usaha sampingan? Anda bisa membuka #bisnis kuliner, baik itu berupa usaha katering atau pembuat roti untuk pesanan. Usaha ini bisa dilakukan dirumah dan dikerjakan setelah selesai kegiatan belajar mengajar atau hari libur.
Anda juga bisa menawarkan jasa menyediakan konsumsi untuk kegiatan pertemuan di sekolah tempat mengajar maupun di sekolah lain karena seorang guru biasanya punya banyak relasi dan kenal dekat dengan rekan-rekan guru lain. Alternatif lain Anda bisa menjual kuliner di sekolah sendiri dengan sasaran konsumen adalah para murid. Ya, Anda mempunyai waktu menjualnya ketka para siswa dan guru memasuki jam istirahat.
4. Kerja atau Bisnis Online
ide bisnis yang sangat bagus untuk seorang guru adalah kerja maupun bisnis secara online. Bagaimana tidak, kegiatan #bisnis online bisa dikerjakan kapan saja dan di mana saja tanpa mengganggu kegiatan belajar mengajar Anda di sekolah. Anda bisa berbisnis jual beli online, sebagai pengelola website, menjadi penulis, dan berbagai bisnis online lainnya.
Tentukan usaha online sesuai dengan apa yang diminati agar Anda selalu termotivasi mengerjakannya dengan serius. Sangat menguntungkan jika ternyata Anda juga mengerti ilmu-ilmu yang berhubungan dengan internet marketing, seperti SEO, social media marketing, pemasaran melalui iklan, pengembang website, dan lain-lain.
5. Berbisnis MLM Secara Online
Bisnis MLM online adalah salah satu peluang usaha sampingan yang layak diperhitungkan oleh para guru. Kenapa? Bisnis ini berbeda dengan bisnis MLM offline yang sangat menyita waktu. Selain potensi penghasilannya sangat mengesankan, proses untuk menjalankan bisnis MLM online cenderung lebih mudah karena bisa dikerjakan pada waktu luang, tentunya kita harus punya perangkat komputer dan koneksi internet.
Salah satu bisnis MLM yang saya rekomendasikan dan bisa dikerjakan secara online adalah bisnis MLM Oriflame. Bisnis ini menjual produk perawatan diri untuk wanita dan pria. Selain mendapatkan keuntungan dari penjualan langsung, pelaku bisnis MLM juga mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan jaringan mereka. Sejauh ini, ada banyak sekali yang sukses di bisnis MLM Oriflame, bahkan banyak yang punya penghasilan puluhan juta per bulan dari bisnis ini. Baca artikel saya tentang bisnis MLM Oriflame dan d’BCN.
Nah, di atas tadi adalah beberapa peluang usaha sampingan yang bisa dikerjakan oleh guru. Semoga artikel ini bisa memberikan inspirasi bagi para guru untuk mulai membangun bisnis sendiri dan mendapatkan kehidupan yang lebih sejahtera. Selamat mencoba :)
Demikianlah tulisan tentang 5 Usaha Sampingan yang Cocok bagi guru, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Jangan lupa Like Halaman Facebook Infosekolah87.com untuk mendapatkan informasi terbaru tentang seputar pendidikan di Indonesia

0 Response to "5 Usaha Sampingan yang Cocok bagi guru"

Post a Comment

Terima Kasih sudah berkunjung dan membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar, Jangan Lupa Like Halaman FB Info Seputar Madrasah