Bantu Anak Anda dan Siswa Anda Untuk Pilih Jurusan Kuliah

Bantu Anak Anda dan Siswa Anda Untuk Pilih Jurusan Kuliah
Bantu Anak Anda dan Siswa Anda Untuk Pilih Jurusan Kuliah – Sahabat guru dan orang tua yang kami banggakan ujian Nasional untuk tingkat SMA dan MA. SMK sudah tinggal dua bulan lagi pastinya bulan ini, anak kita yang berada di kelas XII sedang sibuk-sibuknya menghadapi Ujian Nasional dan kemudian berlanjut menghadapi persaingan memasuki jenjang kuliah di perguruan tinggi. Salah satu masalah yang menghinggapi anak remaja dan bahkan juga orang tuanya adalah soal pilihan jurusan. Masih banyak anak dan orang tua yang bingung untuk memilih jurusan di perguruan tinggi. Bahkan tak jarang dibanding anaknya, orang tua yang paling sibuk dan sekaligus galau.
Peran orang tua dalam membimbing anak dalam pemilihan jurusan sangatlah penting, Ina Liem atau lebih dikenal sebagai Ms. Ina, penulis buku “Tujuh Jurusan Bergaji Besar,” mengatakan,  ada beberapa hal yang perlu diketahui orang tua, yakni :
Pertama, kenali diri si anak. Ketahui apa minatnya, tipe kecerdasan atau bakat yang dimiliki, kepribadiannya, nilai-nilai hidup (life values), dan arti sukses yang dimiliki oleh anak mereka. Selama ini banyak anak yang salah memilih jurusan karena kurang mengenal diri. Di sinilah peran orang tua sangat penting, karena seharusnya orang tua lah yang paling mengenali diri si anak selain si anak itu sendiri.
Kedua, hindari salah persepsi soal kaitan jurusan yang dipilih dengan masa depannya. Contohnya, banyak salah persepsi tentang jurusan Matematika yang menganggap hanya dapat menjadi guru. Padahal, berdasarkan survey, banyak perusahaan-perusahaan besar yang membutuhkan sarjana Matematika untuk berbagai posisi karir dengan gaji besar. Contoh lain adalah jurusan kedokteran atau arsitektur yang dianggap banyak orang tua bisa menjadi kaya. Padahal,    segalanya tergantung pada diri si anak, yakni soal motivasi, semangat, kesungguhan, dan sebagainya.
Ketiga, orang tua diharapkan banyak menggali informasi. Di era internet seperti sekarang ini, orang tua harus mau meluangkan waktu untuk melakukan riset jurusan atau universitas yang akan dipilih oleh anak mereka. Untuk yang mau kuliah ke luar negeri, berbagai konsultan pendidikan seperti SUN Education juga siap untuk memberikan informasi secara cuma-cuma untuk para orang tua.
Selain itu, banyak orang tua yang hanya mengikuti tren dan mendorong anak untuk mengambil jurusan yang terkenal, padahal si anak tidak menyukai jurusan tersebut. Sebagai orang tua sebaiknya tidak mendikte anak karena setiap anak unik dan memiliki ketertarikan masing-masing.
Demikianlah tulisan tentang Bantu Anak Anda dan Siswa Anda Untuk Pilih Jurusan Kuliah semoga bermanfaat


0 Response to "Bantu Anak Anda dan Siswa Anda Untuk Pilih Jurusan Kuliah"

Post a Comment

Terima Kasih sudah berkunjung dan membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar, Jangan Lupa Like Halaman FB Info Seputar Madrasah