Beasiswa Pesantren UII Jogja, Dibuka April & Juni 2016

Beasiswa Pesantren UII Jogja, Dibuka  April & Juni 2016
Beasiswa Pesantren UII Jogja, Dibuka  April & Juni 2016 - Sahabat infosekolah ini ada berita bagus untuk Anda yang punya anak, ponakan, atau kerabat jika ingin melanjutkan di pondok pesantren karena Bagi lulusan Madrasah Aliyah/sederajat yang berminat masih terus berada di pesantren, kini Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta membuka pendaftaran masuk ke Pesantren UII dengan sistem beasiswa. Nantinya seleksi masuknya akan dibuka 2 gelombang; 21 April dan 6 Juni 2016.
Muhammad Hasyim Beasiswa Pesantren UII Jogja, Dibuka  April & Juni 2016
Muhammad Hasyim
“Yang paling penting dari seleksi penerimaan beasiswa ini adalah bisa bahasa arab dan Inggris dikarenakan nantinya ketika nyantri materi dan bahasa pengantarnya dengan kedua bahasa tersebut. Lulusan sekolah umum yang belum pernahmesantren pun bisa mendaftar asal arab­-nya mumpuni,” kata Moh. Hasyim, salah satu Asatidz dan pengajar di FH UII yang pernah menjadi pengasuh periode 2002 – 2004 ini.
Rekrutmen Program Beasiswa Unggulan Pondok Pesantren UII (PBUPP UII) ini, ada dua (2) Model yaitu pertama, diperuntukkan bagi calon mahasiswa baru yang terintregasi dengan seleksi Ujian Potensi Calon Mahasiswa (UPCM) UII. Dankedua, diperuntukkan bagi mahasiswa UII yang telah menempuh perkuliahan 2 (dua) semester pertama.
Sedangkan pemberian beasiswa ada dua (2) tipe yaitu pertama, Beasiswa Penuh (Tipe A). Tipe A ini diperuntukkan pada program studi Strata Satu (S1) di semua fakultas UII. Tipe kedua,Beasiswa Tidak Penuh (Tipe B). Tipe ini hanya dikhususkan untuk  Program Studi Pendidikan Dokter.
“Beasiswa Penuh ini meliputi pembebasan semua biaya studi di kampus UII maupun pembebasan biaya di pesantren. Sedangkan Beasiswa Tidak Penuh (untuk Fak. Kedokteran) hanya free di pesantren namun bisa mendapat kesempatan memperoleh beasiswa internal UII dan eksternal lainnya,” kata alumnus Pondok Pesantren Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta ini.
Berikut disampaikan Persyaratan Umum, Persyaratan Khusus, , Prosedur Pendaftaran, Tempat Dan Jadwal Seleksi;
PERSYARATAN UMUM
  1. SK Rektor yang menunjukkan bahwa pendaftar telah diterima dari salah satu jalur seleksi baik melalui CBT, PBT maupun PSB;
  2. Formulir Pendaftaran sebagai Mahasiswa Unggulan Pondok Pesantren UII yang telah diisi;
  3. Fotokopi ijazah yang telah dilegalisasi SMU/SMK/MA atau yang sederajat;
  4. Fotokopi rapor kelas XII dan fotokopi milai UAN, masing-masing telah dilegalisasi, sesuai dengan syarat pada masing-masing tipe;
  5. TOEFL/TOEFL ITP Score dengan score minimal sesuai persyaratan;
  6. Surat Keterangan Catatan Kriminal (SKCK) dari POLRI yang menunjukkan calon berkelakuan baik;
  7. Surat rekomendasi dari tokoh masyarakat atau pimpinan pesantren setempat yang menunjukkan calon berakhlak baik dan aktif beribadah;
  8. Piagam/sertifikat/surat keterangan yang menunjukkan prestasi dan keaktifan berorganisasi;
  9. Fotokopi akte kelahiran yang membuktikan usia maksimal 21 tahun;
  10. Surat keterangan sehat dari dokter.
PERSYARATAN KHUSUS :
Tipe A :
  1. Dapat berbahasa Arab dan Inggris secara aktif (memiliki TOEFL/TOELF®ITP Score minimal 450) yang dibuktikan melalui tes lisan dan tertulis serta menyerahkan Sertifikat TOEFL/TOELF®ITP Score minimal 450.
  2. Nilai rata-rata rapor minimal 8,5 (delapan koma lima) dan Ujian Akhir Nasional (UAN) minimal 7 (tujuh) yang dibuktikan dengan fotokopi rapor kelas XII dan fotokopi nilai UAN, masing-masing telah dilegalisasi.
Tipe B :
  1. Dapat berbahasa Arab dan Inggris secara aktif (memiliki TOEFL/TOELF®ITP Score minimal 450) yang dibuktikan melalui tes lisan dan tertulis serta menyerahkan Sertifikat TOEFL/TOELF®ITP Score minimal 450.
  2. Nilai rata-rata rapor minimal 8 (delapan) dan Ujian Akhir Nasional (UAN) minimal 7 (tujuh) yang dibuktikan dengan fotokopi rapor kelas XII dan fotokopi nilai UAN, masing-masing telah dilegalisasi.


PROSEDUR PENDAFTARAN :
Semua dokumen disampaikan ke Panitia PMB (Penerimaan Mahasiswa Baru) di Gedung D3 Eknomi Lantai 1 Kampus Terpadu Universitas Islam Indonesia, Jalan Kaliurang, KM. 14,5 Sleman Yogyakarta. CP. Ust Anas:  085731115808.
TEMPAT DAN JADWAL SELEKSI :
Tempat Ujian Seleksi:
Gedung GBPH Prabuningrat (Kantor Rektorat UII) Kampus Terpadu UII.
Jalan Kaliurang, KM. 14,5 Sleman Yogyakarta.
Materi Ujian Seleksi :
  1. Bahasa Arab
  2. Bahasa Inggris
  3. Psikotes
  4. Baca Kitab
  5. Kepesantrenan
Jadwal seleksi dan registrasi :
GelombangPendaftaran Calon SantriTechnical MeetingUjianPengumuman
Gelombang 121 April – 10 Mei 201616 Mei 201617 Mei 201630 Mei 2016
Gelombang 26 Juni – 18 Juli 201625 Juli 201626 Juli 20165 Agustus 2016
(@viva_tnu, http://pesantren.uii.ac.id/beasiswa/)

0 Response to "Beasiswa Pesantren UII Jogja, Dibuka April & Juni 2016 "

Post a Comment

Terima Kasih sudah berkunjung dan membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar, Jangan Lupa Like Halaman FB Info Seputar Madrasah