Biografi Singkat RA Kartini, Lahir 21 April Habis Gelap Terbitlah Terang

Biografi Singkat RA Kartini, Lahir 21 April Habis Gelap Terbitlah Terang
Sahabat infosekolah87, 
Bagaimana seragam madrasah bapak ibu guru pada hari ini, pasti ada yang berbeda, karena hari ini adalah hari yang sangat bersejarah bagi kaum wanita yaitu emansipasi wanita Indonesia, dengan jasa beliau RA Kartini, sekarang banyak sekali wanita mempunyai karier di segala bidang.

Tidak salahnya jika kita kembali menelisik sejarah atau biografi wanita hebat ini, untuk mejadi sumber referensi bagi kaum wanita mas kini.

Tokoh wanita satu ini sangat terkenal di Indonesia. Dialah Raden Ajeng Kartini atau dikenal sebagai R.A Kartini, beliau dikenal sebagai salah satu pahlawan nasional yang dikenal gigih memperjuangkan emansipasi wanita kala ia hidup. Mengenai Biografi dan Profil R.A Kartini, beliau lahir pada tanggal 21 April tahun 1879 di Kota Jepara, Hari kelahirannya itu kemudian diperingati sebagai Hari Kartini untuk menghormati jasa-jasanya pada bangsa Indonesia. Kartini lahir di tengah-tengah keluarga bangsawan oleh sebab itu ia memperoleh gelar R.A (Raden Ajeng) di depan namanya, gelar itu sendiri (Raden Ajeng) dipergunakan oleh Kartini sebelum ia menikah, jika sudah menikah maka gelar kebangsawanan yang dipergunakan adalah R.A (Raden Ayu) menurut tradisi Jawa.

Ayahnya bernama R.M. Sosroningrat, putra dari Pangeran Ario Tjondronegoro IV, seorang bangsawan yang menjabat sebagai bupati jepara, beliau ini merupakan kakek dari R.A Kartini. Ayahnya R.M. Sosroningrat merupakan orang yang terpandang sebab posisinya kala itu sebagai bupati Jepara kala Kartini dilahirkan.

Ibu kartini yang bernama M.A. Ngasirah, beliau ini merupakan anak seorang kiai atau guru agama di Telukawur, Kota Jepara. Menurut sejarah, Kartini merupakan keturunan dari Sri Sultan Hamengkubuwono VI, bahkan ada yang mengatakan bahwa garis keturunan ayahnya berasal dari kerajaan Majapahit.

Ibu R.A Kartini yaitu M.A. Ngasirah sendiri bukan keturunan bangsawan, melainkan hanya rakyat biasa saja, oleh karena itu peraturan kolonial Belanda ketika itu mengharuskan seorang Bupati harus menikah dengan bangsawan juga, hingga akhirnya ayah Kartini kemudian mempersunting seorang wanita bernama Raden Adjeng Woerjan yang merupakan seorang bangsawan keturunan langsung dari Raja Madura ketika itu.

Maaf Bapak atu ibu guru, karena biografinya masih panjang, sekiranya bapak atau ibu bisa menyimak di bawah ini untuk membaca biografi Singkat RA Kartini, jika ingin mengunduh silahkan melalui tautan di bawah file ini


Jika Bapak atau ibu tertarik untuk mengunduh file Biografi Singkat RA Kartini, Lahir 21 April Habis Gelap Terbitlah Terang di atas, silahkan ikuti tautan di Bawah ini


Demikianlah Tulisan tentang Biografi Singkat RA Kartini, Lahir 21 April Habis Gelap Terbitlah Terang Biografi Singkat RA Kartini, Lahir 21 April Habis Gelap Terbitlah Terang, semoga bermanfaat

0 Response to "Biografi Singkat RA Kartini, Lahir 21 April Habis Gelap Terbitlah Terang"

Post a Comment

Terima Kasih sudah berkunjung dan membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar, Jangan Lupa Like Halaman FB Info Seputar Madrasah