Juknis Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2016/2017

Juknis Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2016/2017
Juknis Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun 2016/2017 – Sahabat Infosekolah87, Tahun ajaran 2015/2016 sudah akan berakhir tinggal beberapa bulan, karena untuk MA saja sudah menyekesaikan Ujian Akhirnya tinggal menunggu Pengumuman kelulusan, sedangkan unntuk jenjang MTs pada saat ini melaksanakan Ujian Madrasah.

Persiapan dan strategi untuk mendapatkan peserta didik baru yang banyak harus di imbangi dengan usaha yang keras. Untuk itu perlu adanya juknis PPDB Tahun 2016-2017, Penyelenggaraan  pendidikan  diawali  dengan  kegiatan  penerimaan  peserta didik  baru  (PPDB). PPDB  merupakan  kegiatan  rutin  setiap  tahun  yang  dilaksanakan  oleh  satuan  lembaga pendidikan.  Penerimaan  peserta  didik  baru  pada  Madrasah  perlu  dilakukan  secara  objektif, akuntabel,  transparan  dan  tidak  diskriminatif.  Agar  pelaksanaan  PPDB  di  semua  daerah  dapat berjalan  dengan  lancar  tanpa  ada  hambatan  apapun  maka  diperlukan  pedoman  PPDB  sebagai acuan  berbagai  pihak  khususnya  jika  terjadi  persoalan  tentang  PPDB.  Disisi  lain  pedoman  ini dimaksudkan agar layanan pendidikan dapat diberikan kepada semua komponen masyarakat.

Pedoman PPDB yang disusun untuk tahun ajaran 2016 – 2017 mengacu pada Peraturan Bersama Antara  Menteri  Pendidikan  dan  Kebudayan  Republik  Indonesia  dan  Menteri  Agama  Republik Indonesia Nomor 2/VII/PB/2014 dan Nomor 7 Tahun 2014 tentang tentang Penerimaan Peserta Didik Baru TK/RA/BA dan Sekolah/Madrasah.

Data PPDB dari berbagai madrasah di Indonesia sangat berkaitan erat dengan Angka Partisipasi Kasar  dan  Angka  Partisipasi  Masyarakat  Madrasah, anggaran  Bantuan  Operasional  Sekolah (BOS) dan pendirian  madrasah  baru.  Untuk  itu,  dalam  pedoman ini  dijelaskan  tugas  dan tanggungjawab  mulai  dari  madrasah,  Kantor  Kementerian  Agama  Kabupaten/Kota,  Kanwil Kementerian  Agama  Provinsi  dan  Direktorat  Pendidikan  Madrasah dalam  pelaksanaan  PPDB setiap tahun pelajaran baru. Laporan PPDB dari masing-masing unit terkait sangat bermanfaat
Untuk Itu Bapak atau ibu guru bisa mendownload JUKNIS Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelaran 2016/2017, dengan mengikuti tautan di bawah ini



bagi  Direktorat  Jenderal  Pendidikan  Islam  dalam  menentukan kebijakan penyelenggaraan pendidikan madrasah berikutnya. Dengan hadirnya buku Pedoman Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2016 – 2017 ini  diharapkan  menjadi  acuan bagi Madrasah dan  instansi  terkait dalam  penyelenggaraan dan pelaporan PPDB. Semoga pendidikan  madrasah semakin  terorganisir  dengan  baik sehingga keberadaan madrasah semakin diminati dan menjadi pilihan utama masyarakat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel