Menag : Siswa MTs Harus Percaya Diri Hadapi UN

Menag : Siswa MTs Harus Percaya Diri Hadapi UN
Menag : Siswa MTs Harus Percaya Diri Hadapi UN – Sahabat infosekolah87, hari ini tanggal 9 Mei adik-adik kita yang berada di bangku MTs kelas 9 melaksanakan UN di hari yang pertama Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin memberikan pesan khusus kepada  seluruh siswa Madrasah Tsanawiyah yang akan melaksanakan ujian nasional (UN), Senin  (09/05) besok.

“Baca soal dengan cermat. Jawab yang mudah terlebih dahulu. Jangan tergesa-gesa dan percaya diri bisa menyelesaikan soal-soal dengan baik,” demikian pesan Menag melalui pesan singkat, Minggu (08/05) malam.

Menag membenarkan bahwa UN Tahun 2016 tidak menjadi dasar kelulusan karena lulus atau tidaknya siswa sepenuhnya ditentukan oleh satuan pendidikan masing-masing. Peserta didik dinyatakan lulus setelah menyelesaikan seluruh program pembelajaran, memperoleh nilai sikap minimal baik, dan lulus ujian madrasah. Meski demikian, hasil UN MTs menjadi salah satu pertimbangan saat akan masuk ke MA.

“Penyelenggaran UN sendiri ditujukan untuk menilai pencapaian kompetensi lulusan secara nasional,” terangnya.

Sembari menyampaikan  selamat mengikuti UN bagi siswa MTs kelas IX di seluruh Indonesia, Menag  berharap mereka dapat meraih prestasi bermodal kejujuran. Menurutnya, prestasi dan kejujuran adalah dua hal penting dalam menjalani UN.

“Prestasi adalah keberhasilan dan kebanggaan kalian. Sementara kejujuran adalah permata perwujudan kualitas pribadi kalian,” pesan Menag.

Direktur Pendidikan Madrasah M. Nur Kholis Setiawan mengatakan UN tingkat SMP/MTs akan diikuti oleh  1.043.277 siswa MTs. Jumlah peserta UN MTs tahun ini jauh lebih banyak dibanding tahun-tahun sebelumnya. Berdasarkan data Direktorat Pendidikan Madrasah, UN 2015 diikuti 855.572 siswa, UN 2014 diikuti 781.339 siswa, dan UN 2013 diikuti 756.427 siswa. Prosentase kelulusan pada tiga tahun terakhir di atas 99.6%. Bahkan pada tahun 2015 lalu, prosentasenya mencapai 99,96% dengan nilai rata-rata 7,21.

Ada empat mata pelajaran yang diujikan, yaitu: Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).  UN MTs akan diselenggarakan dalam dua jenis, yaitu:  Ujian Nasional Berbasis Kertas/Paper Based Test (PBT) dan Ujian Nasional Berbasis Komputer (CBT).  Kalau UN PBT dilakukan secara manual sebagaimana ujian selama ini, UNCBT dilakukan secara online/semi online dengan menggunakan perangkat komputer.

Pada tahun pelajaran 2015/2016, sebanyak  69 MTs siap melaksanakan UNCBT.  Ke-69 MTs itu terdiri dari 65 MTs Negeri dan 4 MTs Swasta yang  tersebar di beberapa  provinsi, antara lain: Nangroe Aceh Darussalam, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, dan Gorontalo. (mkd/mkd)
sumber : http://madrasah.kemenag.go.id



0 Response to "Menag : Siswa MTs Harus Percaya Diri Hadapi UN"

Post a Comment

Terima Kasih sudah berkunjung dan membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar, Jangan Lupa Like Halaman FB Info Seputar Madrasah