Simulasi Struktur Kurikulum MI Di Simpatika Adanya Kewenangan Menambah Hingga 4 JTM


Simulasi Struktur Kurikulum MI Di Simpatika Adanya Kewenangan Menambah Hingga 4 JTM – Sahabat Infosekolah87 pejuangnya Madarsah, admin pada waktu lalu sudah menulis tentang agenda Simpatika pada Semester ganjil pada tahun ajaran 2016/2017, silahkan baca agenda simpatika pada periode semester ganjil 2016/2017.  

Ada yang baru di layanan Simpatika pada periode semester ganjil pada tahun 2016/2017 ada banyak kegiatan yang akan dilaksanakan oleh layanan simpatika, salah satunya adalah kewenangan masing-masing madrasah untuk menambah 4 JTM, Mulai Verval Simpatika periode Semester Ganjil 2016/2017, Simpatika memberikan kebebasan bagi madrasah untuk melakukan penambahan hingga 4 JTM perrombelnya. Padahal pada periode sebelumnya, penambahan ini tidak diperbolehkan. Penambahan ini sendiri diatur dalam Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 yang mendasari Permenag Nomor 2 Tahun 2008 tentang Kurikulum KTSP di Madrasah.


Penambahan 4 JTM ini berlaku untuk setiap rombel. Penambahan dapat dilakukan pada mata pelajaran apapun, dengan catatan jumlah totalnya tidak melebihi 4 JTM. Penambahan dalam struktur kurikulum tersebut akan tetap dihitung sebagai jam yang linier.
Berdasarkan kewenangan menambah 4 JTM tersebut, madrasah dapat 'berimprovisasi' dalam menyusun struktur kurikulum.



Tabel struktur kurikulum MI dengan pemambahan 4 JTM di atas hanya sebagai contoh. Alokasi jam yang ditambahkan dalam contoh di atas adalah:



§  Bahasa Indonesia (kelas 1 s.d 6) masing-masing 1 JTM, 

§  Matematika (kelas 1 s.d 6) masing-masing 1 JTM, 

§  IPA (kelas 1 s.d 6) masing-masing 1 JTM, 

§  IPS (kelas 4 s.d 5) masing-masing 1 JTM, dan 

§  PJOK (kelas 1 s.d 3) masing-masing 1 JTM.




0 Response to "Simulasi Struktur Kurikulum MI Di Simpatika Adanya Kewenangan Menambah Hingga 4 JTM"

Post a Comment

Terima Kasih sudah berkunjung dan membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar, Jangan Lupa Like Halaman FB Info Seputar Madrasah