Pedoman Penyelenggaran Anugerah Konstitusi Bagi Guru PPKn Berprestasi Tahun 2017

Pedoman Penyelenggaran Anugerah Konstitusi Bagi Guru PPKn Berprestasi Tahun 2017
Pedoman Penyelenggaran Anugerah Konstitusi Bagi Guru PPKn Berprestasi Tahun 2017 - Sahabat infosekolah87 pejuangnya Madrasah Indonesia UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang telah mengalami perubahan pada era reformasi membuat perubahan mendasar perihal system ketatanegaraan di negeri ini. Majelis Permusyawaratan Rakyat bukan lagi menjadi satu-satunya pelaksana konstitusi kita, melainkan dibagi dalam beberapa cabang kekuasaan baik itu eksekutif, yudikatif, maupun legislatif.

Mahkamah Konstitusi (MK) berdasarkan Pasal 24C UUD Negara Republik Indonesia tahun 1945, merupakan salah satu pemegang kekuasaan kehakiman yang menyelenggarakan peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan.

Menjalankan salah satu fungsinya sebagai pengawal konstitusi, MK memiliki tanggungjawab dalam memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang nilai-nilai konstitusi yang bersumber dari nilai utama (core value) ideology Pancasila.

Pemahaman tentang nilai utama yang akan membangun nilai konstitusional akan membuka pemahaman masyarakat untuk melihat secara jelas keberadaan ideologi pancasila. Pancasila tidak hanya dianggap sebagai  simbol saja tapi juga dapat diimplementasikan berupa nilai-nilai utama yang ada di dalamnya.
Guru sebagai pendidik profesional, mengemban tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik. Tugas utama guru, termasuk guru PPKn membentuk peserta didik menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air, menjadi warga negara yang cerdas, demokratis, bertanggung jawab, dan memiliki kesadaran berkonstitusi yang tinggi.

Guru PPKn sebagai pembelajar perlu diberi motivasi dan pembinaan untuk meningkatkan kompetensinya secara berkelanjutan agar dapat melaksanakan tugas keprofesiannya secara optimal. Salah satu program pembinaan yang dapat memotivasi guru PPKn dalam peningkatan kompetensinya adalah pemberian Anugerah Konstitusi bagi guru PPKn.


Pedoman penyelenggaraan Anugerah Konstitusi 2017 ini dibuat dalam rangka untuk memberikan panduan bagi penyelenggara dan calon peserta untuk kelancaran dan kesuksesan pelaksanaan kegiatan ini.

Untuk lebih jelasnya silahkan Download Juknisnya



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel