Materi Dan Pelakasanaan panduan MATSAMA pada tahun 2020/2021


Materi Dan Pelakasanaan panduan MATSAMA pada tahun 2020/2021 – infosekolah87.com, sahabat infosekolah87 pejuangnya madrasah Indpnesia, kita semua pasti tahu Setiap tahun ajaran baru, proses pembelajaran di lingkungan Madrasah pada semua jenjang, mulai dari tingkat RA, MI, MTs, MA, MAK selalu di awali dengan masa orientasi atau pengenalan mengenai lingkungan Madrasah kepada peserta didik baru. Kegiatan ini biasanya dikenal dengan istilah "Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (Matsama)".


Melalui kegiatan inilah, para peserta didik baru akan dikenalkan mengenai sistem pembelajaran, ciri khas, karakter dan budaya yang ada di lingkungan madrasah, Sehingga keberadaan dari MATSAMA ini akan turut menentukan berhasil atau tidaknya seluruh proses pembelajaran si Madrasah pada masa selanjutnya.

Untuk itulah, seluruh rangkaian kegiatan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) harus lebih bersifat edukatif, mampu menumbuhkan kreatifitas dan inovasi kepada para peserta didik, sehingga dalam pelaksanaanya, Seluruh kegiatan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) harus mampu memberikan pengalaman yang menyenangkan pada seluruh peserta didik baru. Sebagaimana tercantum dalam pedoman penyelenggaraan pendidikan Nasional dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan nomor 18 Tahun 2016, tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru.

Selain itu kegiatan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) ini tidak lepas dari motto Direktorat Kurikulum Sarana Kelembagaan dan Kesiswaan Madrasah, Ditjen Pendidikan Islam, Kementerian Agama Republik Indonesia, Yaitu mencetak generasi "Hebat dan Bermartabat" generasi yang tidak hanya cerdas secara akal, tetapi juga matang secara spiritual dan berkarakter.

Namun perlu yang di ingat bahwa tahun ajaran baru 2020/2021 masih dalam masa pandemi Covid-19 maka semua madrasah yang akan melaksanakan MATSAMA harus sesuai dengan ptotokol kesehatan.


Waktu Pelaksanaan Masa Ta'aruf siswa Madrasah (MATSAMA)

Waktu pelaksanaan MATSAMA adalah pada minggu pertama awal tahun pelajaran pada saat masuk sekolah dan jam pelajaran atau mengikuti / menyesuaian kondisi madrasah.

Sementara pengecualian terhadap jangka waktu pelaksanaan MATSAMA kepada madrasah berasrama, dapat terlebih dahulu melaporkan kepada kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota atau Kanwil Kementerian Agama Provinsi sesuai dengan kewenangannya.
Tanggung Jawab Pelaksanaan Masa Ta'aruf siswa Madrasah (MATSAMA)

Kepala Madrasah bertanggungjawab penuh atas perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dalam MATSAMA

Perencanaan kegiatan MATSAMA disampaikan oleh madrasah kepada orang tua/wali pada saat lapor diri sebagai peserta didik baru atau disesuaikan dengan kondisi wilayah masing-masing

Untuk itu lebih jelasnya mengenai Materi Dan Pelakasanaan panduan MATSAMA pada tahun 2020/2021 silahkan download file Materi Dan Pelakasanaan panduan MATSAMA pada tahun 2020/2021, melalui tautan di bawah ini:


Demikianlah tulisan tentang Materi Dan Pelakasanaan panduan MATSAMA pada tahun 2020/2021 semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel