Pedoman OSN SD/MI Tahun 2023 (DOWNLOAD)

 

Pedoman OSN SD/MI Tahun 2023 (DOWNLOAD) -  Infosekolah87.com, sahabat infosekolah87 pejuangnya madrasah Indonesia, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi tentang Pedoman OSN SD/MI Tahun 2023 (DOWNLOAD). Penguasaan ilmu pengetahuan seperti Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) merupakan salah satu modal utama bagi kemajuan suatu bangsa, tingkat penguasaannya menjadi salah satu indikator seberapa jauh kiat suatu bangsa dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologinya. Untuk menguasai dan mencipta teknologi di masa depan diperlukan penguasaan Matematika dan IPA yang kuat sejak dini.

 

Upaya tersebut harus ditempuh dengan merealisasikan pendidikan yang berorientasi pada kemampuan berkreasi memecahkan masalah yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari. Oleh karena itu, paradigma pendidikan yang mengedepankan peningkatan daya nalar, kreativitas, serta berpikir kritis harus diaplikasikan dalam setiap langkah pengembangan kebijakan pendidikan ke depan.

 




Menindaklanjuti hal di atas Balai Pengembangan Talenta Indonesia, Pusat Prestasi Nasional, Sekretariat Jenderal, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melakukan upaya peningkatan mutu pendidikan di bidang Matematika dan IPA antara lain melalui penyelenggaraan kompetisi Matematika dan IPA yang dikenal dengan nama Olimpiade Sains Nasional-Sekolah Dasar (OSN-SD).

 

Kegiatan ini merupakan salah satu wadah strategis untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran Matematika dan IPA sehingga peserta didik menjadi lebih kreatif dan inovatif. Selain itu melalui kegiatan OSN ini diharapkan akan membekali peserta didik dengan kemampuan berpikir logis, sistematis, analitis, kritis, dan kreatif. Kemampuan-kemampuan itulah yang diperlukan agar peserta didik dapat bertahan pada keadaan yang penuh kompetisi. Selain itu melalui kegiatan kompetisi ini sekaligus untuk mempersiapkan peserta didik dalam menguasai dan mencipta teknologi di masa depan.

 

Strategi Pelaksanaan

1. OSN-SD tahun 2023 ini dilaksanakan melalui 3 (tiga) tahap yaitu: a. OSN-K dan OSN-P dilaksanakan secara daring. b. OSN Tingkat Nasional dilaksanakan secara luring.

2. Media pelaksanaan kompetisi menggunakan aplikasi dan media lain yang telah disediakan oleh panitia pusat.

3. Pelaksanaan kompetisi harus mengikuti protokol kesehatan Covid-19.

 

Persyaratan Lomba OSN SD/MI 2023

 

1. Peserta

Peserta OSN-SD tahun 2023 memenuhi persyaratan sebagai berikut:

a.  Peserta adalah warga negara Indonesia (WNI) yang mewakili sekolahnya.

b.  Peserta didik kelas IV dan V SD/MI atau yang sederajat di tahun ajaran 2022/2023 saat pelaksanaan OSN-K, dengan kelahiran tanggal 1 Agustus 2010 dan setelahnya.

c.   Peserta memiliki kompetensi pada bidang Matematika atau IPA.

d.  Peserta belum pernah meraih medali emas, perak, dan perunggu pada OSN-SD tingkat nasional tahun sebelumnya pada bidang yang sama.

e.  Peserta belum pernah meraih medali emas, perak, dan perunggu pada lomba tingkat internasional yaitu International Mathematics and Science Olympiad (IMSO) dan International Mathematics Competition (IMC) pada tahun sebelumnya untuk bidang yang sama.

 

Pendamping OSN Tingkat Nasional

Pendamping OSN Tingkat Nasional tahun 2023 memenuhi persyaratan sebagai berikut:

a.    Pendamping adalah petugas yang ditetapkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi melalui Surat Tugas.

b.    Pendamping OSN Tingkat Nasional berjumlah 2 (dua) orang pembina lomba terdiri dari 1 bidang Matematika dan 1 bidang IPA yang ditunjuk oleh kepala dinas pendidikan provinsi. Pembina mampu melakukan moderasi jawaban peserta dengan tim juri.

 

Untuk lebih jelasnya mengenai Pedoman OSN tingkat SD/MI Tahun 2023, silahkan download pada link tautan dibawah ini:

 

Pedoman OSN SD/MI Tahun 2023 (DOWNLOAD)

 

Demikianlah tulisan tentang Pedoman OSN SD/MI Tahun 2023, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel