Seleksi Mandiri Jalur Prestasi Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Seleksi Mandiri Jalur Prestasi Universitas Negeri Semarang (UNNES)

Seleksi Mandiri Jalur Prestasi Universitas Negeri Semarang (UNNES)- ini adalah kesempatan yang bagus untuk siswa-siswi yang berprestasi karena Seleksi Mandiri Universitas Negeri Semarang (SM-Unnes) adalah seleksi penerimaan mahasiswa baru jenjang S1 dan D3 yang diselenggarakan secara mandiri oleh Universitas Negeri Semarang.  SM-Unnes  dibedakan menjadi dua jalur, yaitu: (1) Seleksi Mandiri Jalur Prestasi (tanpa ujian tertulis) khusus untuk program studi jenjang S1; dan (2) Seleksi Mandiri Jalur Ujian Tertulis untuk program studi jenjang S1 dan D3.

SM-Unnes Jalur Prestasi tahun akademik 2016/2017 diselenggarakan untuk meningkatkan mutu input mahasiswa baru Universitas Negeri Semarang dan sebagai bentuk penghargaan kepada siswa yang memiliki prestasi luar biasa atau juara dalam bidang olahraga, seni, olimpiade bidang studi, lomba bidang keagamaan, dan/atau prestasi ekstrakurikuler lain.

PERSYARATAN UMUM
  1. Siswa SMA/MA/SMK/MAK/sederajat yang pada tahun 2016 duduk di kelas XII, yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Kepala Sekolah.
  2. Sanggup mematuhi Tata Tertib Kehidupan Kampus dan memenuhi semua persyaratan sebagai mahasiswa Unnes, termasuk biaya belajar berupa Uang Kuliah Tunggal (UKT), biaya hidup selama masa studi, dan lain-lain.

PERSYARATAN KHUSUS
  1. Memiliki salah satu prestasi atau memiliki sertifikat:
    • Juara I, II, atau III (memperoleh piala atau medali emas, perak, atau perunggu) minimal tingkat provinsi dalam bidang olahraga, seni, olimpiade bidang studi, lomba bidang keagamaan, dan/atau prestasi ekstrakurikuler yang diperoleh selama duduk di SMA/MA/SMK/MAK.
    • Juara I (memperoleh piala atau medali emas) minimal tingkat kabupaten/kota dalam bidang olahraga, seni, olimpiade bidang studi, lomba bidang keagamaan, dan/atau prestasi ekstrakurikuler yang diperoleh selama duduk di SMA/MA/SMK/MAK.
    • Mempunyai keahlian/kemampuan luar biasa yang dibuktikan dengan sertifikat atau surat keterangan dari lembaga. Contoh: Hafal Alqur’an 30 juz, penemu teknologi tepat guna, dan lain-lain.

Bukti sertifikat atau piagam kejuaraan sesuai bidang prestasinya pada angka 1, 2, dan 3  harus disahkan oleh Kepala Dinas.
  1. Lulus tes khusus (wawancara)

WAKTU PENDAFTARAN
  1. Pendaftaran dilaksanakan secara daring (online) mulai tanggal 1 Februari s.d. 18 Maret 2016.
  2. Laman pendaftaran: http://penerimaan.unnes.ac.id

TATA CARA PENDAFTARAN
  1. Calon peserta menyiapkan: (1) file hasil pindai (scan) surat keterangan dari Kepala Sekolah SMA/MA/SMK/MAK; (2) file pas foto diri berwarna terbaru dengan ukuran file maksimum 500kB, rasio 400×600 pixels, format gambar jpg; (3) file hasil pindai (scan) identitas (KTP/SIM/Paspor/KK); (4) file hasil pindai (scan) bukti kejuaraan/sertifikat/piagam yang diperoleh;
  2. Calon peserta mengisi borang pendaftaran secara lengkap pada laman pendaftaran termasuk upload pas foto diri, upload surat keterangan dari Kepala Sekolah, dan upload bukti prestasi yang dimiliki. Pemalsuan/kecurangan pengisian borang dan dokumen akan berakibat pembatalan status sebagai peserta SM-Unnes Jalur Prestasi dan implikasi hukum selanjutnya;
  3. Calon peserta mencetak dan menandatangani Kartu Peserta SM-Unnes Jalur Prestasi;
  4. Peserta hadir dalam tes khusus (wawancara) dengan Panitia Seleksi pada tanggal 28 Maret 2016 dengan membawa bukti dokumen Asli dan fotokopi sebagaimana yang diminta pada saat pengisian borang pendaftaran;
  5. Hasil seleksi akan diumumkan secara terbuka di laman pendaftaran pada tanggal 4 April 2016.

INFORMASI PENDAFTARAN
  1. Petugas pendaftaran Biro Akademik, Kemahasiswaan, dan Kerja sama (BAKK) Unnes Gedung H (Rektorat) Kampus Sekaran Gunungpati Semarang, Kode Pos 50229.
  2. Telepon (024) 8508092 (hunting pswt. 25) Faks (024) 8508084 (pada jam kerja).
  3. e-mail: sekretariatpmb@mail.unnes.ac.idsm@mail.unnes.ac.id

PILIHAN PRORAM STUDI
Peserta dapat memilih maksimum 2 program studi yang diminati sesuai dengan prestasi yang dimiliki.

SELEKSI
  1. Peserta peraih peringkat I olimpiade yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Sains, Matematika, dan TIK) tingkat Provinsi, langsung diterima sebagai calon mahasiswa baru.
  2. Peserta peraih peringkat I olimpiade yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Sains, Matematika, dan TIK) tingkat Kabupaten/Kota, dipertimbangkan untuk diterima sebagai calon mahasiswa baru dengan memperhatikan daya tampung dan hasil tes khusus.
  3. Peserta peraih juara dalam bidang olah raga, seni, olimpiade bidang studi, lomba bidang keagamaan, dan/atau prestasi ekstrakurikuler, dipertimbangkan untuk diterima sebagai calon mahasiswa baru dengan memperhatikan daya tampung dan hasil tes khusus.
  4. Bagi siswa yang memiliki prestasi luar biasa atau memiliki kemampuan luar biasa diberikan keringanan biaya Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan/atau mendapat beasiswa.

KETENTUAN LAIN
  1. Peserta Seleksi Mandiri Unnes Jalur Prestasi yang telah dinyatakan lulus seleksi:
  • diwajibkan melakukan registrasi administrasi bersamaan dengan registrasi jalur SNMPTN tahun 2016.
  • tidak diperkenankan pindah ke program studi lain.
  • dinyatakan gugur apabila:
  1. tidak lulus SMA/MA/SMK/MAK.
  2. tidak melakukan registrasi administrasi sesuai dengan ketentuan; atau
  3. terbukti melakukan pemalsuan data/melakukan kecurangan/memberikan informasi yang tidak sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.
  4. Apabila terjadi perubahan jadwal dan ketentuan lain, akan diumumkan melalui situs SM-Unnes.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel