Terbaru Juknis Penerbitan NUPTK Tahun 2019


Terbaru Juknis Penerbitan NUPTK Tahun 2019Infosekolah87.com, NUPTK adalah Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang harus dimiliki oleh pendidik dan tenaga pendidikan supaya yang bersangkutan lebih mudah dalam hal administrasi pendidik dan tenaga pendidik.

Banyak sekali guru yang belum memiliki NUPTK dengan berbagai alasan ada yang guru baru, ada yang belum pernah mengurus dan masih banyak lagi. Sehingga pemerintah perlu menerbitkan Juknis Pengelolaan NUPTK untuk tahun 2019.

Dalam kata pengantar Kepala PDSPK Dr.Ir Bastari, M.A mengatakan bahwa Penerbitan Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK) merupakan  bagian dari pengelolaan master referensi pendidik dan tenaga kependidikan sejalan dengan permendikbud Nomor 79 tahun 2015 bahwa penerbitan dan pengelolaan master referensi pendidikan merupakan tugas Pusat Data dan  Statistik Pendidikan dan Kebudayaan (PDSPK).

Petunjuk pelaksanaan penerbitan NUPTK ini bertujuan untuk memberikan acuan kepada semua pihak yang terlibat agar memiliki pandangan yang sama dalam memahami peraturan Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1 tahun 2018 tentang petunjuk teknis penerbitan NUPTK. Mekanisme  penerbitan  NUPTK  yang  sudah  berjalan  sampai  saat  ini  adalah Operator sekolah memastikan PTK yang akan diajukan agar diberikan NUPTK terdata dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) sebagai calon penerima NUPTK serta melampirkan dokumen yang dibutuhkan, Dinas pendidikan memverifikasi dan validasi dokumen yang dilampirkan pada saat pengajuan NUPTK dari segi legalitas dan keabsahan dokumen yang dilampirkan, LPMP memastikan kembali kesesuain dokumen yang dilampirkan, dan PDSPK memverikasi ulang dokumen yang dilampirkan apabila sudah sesuai maka segera diterbitkan NUPTK.

Kami  mengucapkan  banyak  terima  kasih  kepada  semua  pihak  yang  sudah berpatisipasi dalam menyusun petunjuk pelakasanaan penerbitan NUPTK ini, sehingga dihasilkan buku petunjuk pelaksanaan ini yang dapat mempermudah dalam penerbitan NUPTK.

Untuk lebih jelasnya tentang Juknis Pengelolaan NUPTK bisa di unduh melalui tautan di bawah ini:


Demikianlah tulisan tentang Terbaru Juknis Penerbitan NUPTK Tahun 2019, semoga bermanfaat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel