Tips Memilih Sekolah Dasar SD/MI Yang tepat

Tips Memilih Sekolah Dasar SD/MI Yang tepat


Tips Memilih Sekolah Dasar SD/MI Yang tepat – Masmaksum.com, SD/MI adalah jenjang pendidikan setelah anak kita lulus dijenjang sebelumnya yatu TK/RA dengan usia masuk SD/MI adalah 7 tahun. Memilih sekolah SD/MI adalah hal yang harus diperhatikan untuk orang tua karena anak kita nantinya akan berubah lingkungan dan pergaulannya, yang tida bisa disamakan saat dijenjang TK/RA.

Anak dijenjang SD/MI akan diperkenalkan dengan pendidikan yang jauh berbeda dengan masa di TK/RA, pola mengajarnya pastinya juga berbeda. Mengenyam pendidikan di SD/MI relatife sangat lama disbanding dengan jenjang lainnya, jika di jenjang yang lain hanya kurang lebih 3 tahun tetapi untuk di SD memakan waktu yang cukup lama yaitu 6 tahun.

Memilih SD/MI masih dominan oleh pilihan orang tua, karena anak seusia SD/MI belum bisa memilih sekolah rata-rata mereka akan ikut dengan pilihan orang tuanya, untuk itu sebagai orang tua harus benar-benar hati-hati dalam memilih sebuah sekolahan untuk anak usia SD/MI.
Berikut ini Tips memilih sekolah untuk jenjang SD/MI:

1.    Lokasi Sekolah
      Lokasi sekolah atau letak sekolah sangat penting untuk dipertimbangkan dalam memilih sekolah, dalam memilih sekolah usahakan sekolahnya jauh dengan rumah anda, biar anak tidak kecapean jika jalan kaki. Dan untuk memudahkan dalam beradaptasi dengan teman-temannya.

2.    Lingkungan sekolah yang aman.
Aman tidaknya sekolahan tergantung dengan pengelola sekolahan itu sendiri, untuk itu lihat dulu sekolahannya baik apa tidak dalam menciptakan suasana yang aman disekolah. Apa lagi sekolah yang ada dipinggir jalan.

3.    Kompetensi Guru.
Jenjang SD/MI akan menentukan pola piker anak seterusnya, untuk itu memilih SD/MI yang baik bisa kita lihat dari kompetensi guru, minimal guru—gurunya adalah S1 PGSD/PGMI.

4.    Ekstra kurikuler lengkap
Sekolah yang bagus biasanya memiliki jumlah ekstra kurikuler yang banyak karena sekolah tau ada banyak potensi anak yang bisa dikembangkan

5.    Survei Ke Sekolah.
Dengan kita survey atau melihat-lihat kesekolah kita akan tau keadaan sekolah yang real yang tidak hanya pada brosur yang ada, dengan kita survey kesekolah kita juga bisa tau bagaimanan Kegiatan Belajar Mengajar pada sekolahan itu berjalan.

6.    Berdialog dengan Pihak Sekolahan.
Dengan kita bertatap muka berdialog dengan pihak sekolah kita akan lebih mudah tahu seluk beluk sekolahan yang kita akan pilih.

7.    Sesuaikan dengan Kondisi Ekonomi kita.
Ini adalah hal yang sangat penting setelah kita melakukan tips-tips diatas yang paling penting diperhatikan sesuai tidak dengan kondisi perekonomian kita. Kita tida boleh memaksakan anak kita sekolah dimana kita akan keberatan dalam hal biaya.

Itulah 7 tips dalam memilih sekolah SD/MI yang tepat, menurut kami sekolah yang bagus adalah sekolah yang bisa mengembangkan minat dan bakat anak kita dan yang terpenting adalah sekolah yang bisa menciptakan anak kita menjadi anak yang sholeh yang mempunyai akhlaq yang baik.

Baca juga: