Download Materi Pelatihan Kurikulum 2013 Khusus Guru Bimbingan dan Konseling

Download Materi Pelatihan Kurikulum 2013 Khusus Guru Bimbingan dan Konseling - infosekolah87.com, Tindak lanjut kebijakan kurikulum 2013 adalah Implementasi di seluruh satuan pendidikan yang harus sudah dilaksanakan secara masif di seluruh propinsi dan kabupaten/kota. Guru sebagai ujung tombak suksesnya implementasi kurikulum perlu diberikan pembekalan yang cukup dalam bentuk pelatihan.
Download Materi Pelatihan Kurikulum 2013 Khusus Guru Bimbingan dan Konseling

Pelatihan dalam rangka implementasi kurikulum akan diikuti oleh guru kelas, guru mata pelajaran dan guru bimbingan dan konseling atau konselor. Guna membekali guru bimbingan dan konseling atau konselor dalam memahami dan melaksanakan kurikulum 2013, Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pendidikan Jasmani dan Bimbingan Konseling (PPPPTK Penjas dan BK) di bawah koordinasi Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, mengembangkan materi pelatihan dalam bentuk modul yang akan digunakan oleh para peserta dalam mengikuti program pelatihan dimaksud.

Modul pelatihan yang disusun berjumlah 5 (lima) bab, masing-masing masing-masing terdiri atas:
BAB I Karakteristik Perkembangan Peserta Didik,
BAB II Program Bimbingan dan Konseling
BAB III Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling
BAB IV Praktik Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling
BAB V Evaluasi, Pelaporan dan Tindak Lanjut

Sebagaimana peruntukkannya, materi pelatihan yang didesain dalam bentuk modul tersebut, dimaksudkan agar dapat dipelajari secara mandiri oleh para peserta pelatihan. Beberapa karakteristik yang khas dari materi pelatihan berbentuk modul tersebut, yaitu:
(1)  lengkap (self-contained), artinya, seluruh materi yang diperlukan peserta pelatihan untuk mencapai kompetensi dasar tersedia secara memadai;
(2) dapat menjelaskan dirinya sendiri (self-explanatory), maksudnya, penjelasan dalam paket bahan pelatihan memungkinkan peserta untuk dapat mempelajari dan menguasai kompetensi secara mandiri; serta
 (3) mampu membelajarkan peserta pelatihan (self-instructional material), yakni sajian dalam paket bahan pembelajaran ditata sedemikian rupa sehingga dapat memicu peserta pelatihan untuk secara aktif melakukan interaksi belajar, bahkan menilai sendiri kemampuan belajar yang dicapainya.

Diharapkan dengan tersusunnya materi pelatihan ini dapat dijadikan referensi bagi peserta yang mengikuti program pelatihan implementasi kurikulum 2013 untuk guru bimbingan dan konseling atau konselor.


Download Materi Pelatihan Kurikulum 2013 Khusus Guru Bimbingan dan Konseling

Untuk lebih jelasnya mengenai Materi Pelatihan Kurikulum 2013 Khusus Guru BK (Bimbingan dan Konseling) ini silakan anda unduh ----disini---



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel