Contoh Soal dan Pembahasan PPPK 2021 Kompetensi Sosial Cultural

 

Contoh Soal dan Pembahasan PPPK 2021 Kompetensi Sosial Cultural -  infosekolah87.com, Sahabat infosekolah87.com saat ini banyak sekali yang mencari contoh  Contoh Soal dan Pembahasan PPPK 2021 Kompetensi Sosial Cultural sebagai bahan untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi ujian PPPK guru kelas SD pada tahun 2021.


Untuk itu buat teman-teman semua yang lagi mencari  Contoh Soal dan Pembahasan PPPK 2021 Kompetensi Sosial Cultural, teman teman tepat sekali mengunjungi blog infosekolah87.com karena blog infosekolah87.com sudah mempersiakan untuk berbagi tentang soal-soal latihan untuk menghadapi ujian PPPK untuk tahun 2021.

Dalam seleksi pengadaan PPPK itu terdiri dari dua tahap, diantaranya :

1. Tahap Seleksi Administrasi;

2. Tahap Seleksi Kompetensi.

 

Seleksi Administrasi dilakukan untuk mencocokan persyaratan administrasi dan kualifikasi dengan dokumen pelamar, sedangkan untuk Seleksi Kompetensi dilakukan untuk menilai kesesuain kompetensi manajerial, kompetensi teknis dan kompetensi sosial kultural yang dimiliki oleh pelamar dengan standar kompetensi jabatan.

 

Kompetensi Manajerial adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dikembangkan untuk memimpin dan/atau mengelola unit organisasi. 

 

Kompetensi Teknis adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dikembangkan yang spesifik berkaitan dengan bidang teknis jabatan. 

 

Kompetensi Sosial Kultural adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap/perilaku yang dapat diamati, diukur, dikembangkan terkait dengan pengalaman berinteraksi dengan masyarakat majemuk dalam hal agama, suku dan budaya, perilaku, wawasan kebangsaan, etika, nilai-nilai, moral, emosi dan prinsip, yang harus dipenuhi oleh setiap pemegang jabatan untuk memperoleh hasil kerja sesuai dengan peran, fungsi dan jabatan.

 

Bagi kalian yang ingin lulus dalam seleksi PPPK Tahun 2021, maka persiapkanlah diri kalian dari sekarang dengan mempelajari  Contoh Soal dan Pembahasan PPPK 2021 Kompetensi Sosial Cultural

Jika kita merujuk ke PP Nomor 49 Tahun 2018 tentang PPPK maka materi yang akan diujikan dalam seleksi kompetensi PPPK 2019 hampir sama dengan materi soal SKB CPNS 2018.

SIMULASI TES SELEKSI PPPK 2019

Waktu                   : 90 Menit

KEMAMPUAN MANAJERIAL         : 40 SOAL

KEMAMPUAN SOSIO KULTURAL : 10 SOAL

KEMAMPUAN INTEGRITAS            : 10 SOAL

 

Unduh  Contoh Soal dan Pembahasan PPPK 2021 Kompetensi Sosial Cultural

 

1. Anda senang tinggal dalam lingkungan yang ...


A. Rumahnya berdekatan
B. Tertutup
C. Sepi
D. Suasana individual
E. Suasana penuh kekeluargaan

Pembahasan
Tinggal dalam suasa lingkungan yang penuh kekeluargaan dapat mengindikasikan bahwa anda termasuk ke dalam orang yang bisa bekerja sama, dan mudah bersosialisasi dengan lingkungan sekitar.

2. Suatu hari Anda sedang makan di luar bersama rekan kerja. Beberapa saat kemudian datang seorang anak gelandangan yang mengatakan ia lapar dan meminta uang atau sisa makanan. Sikap anda terhadap situasi ini?

A. Memberi ia uang IaIu menyuruh pergi
B. Memberikan ia sisa makanan dan uang
C. Membelikannya makan
C. Membelikannya makan
E. Menanyakan apakah ia bersekolah

Pembahasan
Soal di atas bertujuan untuk mengetahui tingkat kepedulian anda dan bagaimana anda menghargai perbedaan, alangkah baiknya anda dapat memberikan makanan pun juga uang kepada anak tersebut.


3. Suatu hari Anda menginap di rumah salah seorang keluarga Anda. Keluarga Anda kemudian menghidangkan sebuah hidangan yang tidak Anda sukai, maka Anda akan ...

A. Makan nasinya saja tanpa menyentuh hidangan tersebut
B. Makan saja untuk menghormati tuan rumah
C. Mengatakan bahwa Anda sudah kenyang
D. Makan dengan garam dan kerupuk saja

E. Jujur dan tidak mau makan

Pembahasan
Soal di atas bertujuan untuk mengetahui tingkat kepedulian anda terhadap orang Iain dengan tidak menyinggung atau menyakiti perasaannya.

4. Ketika banyak anggota tim kerja anda yang berbeda agama dengan Anda, maka Anda akan ...

A. Bersikap toleran dan menghormati mereka
B. Menjaga jarak dengan mereka
C. Waspada dalam bersikap
D. Khawatir jika ucapan Anda dapat menyinggung mereka

E. Meminta atasan untuk memindahkan Anda ke tim kerja yang Iain saja

Pembahasan
Soal di atas bertujuan untuk mengetahui bagaimana Anda membangun hubungan baik antar individu dalam organisasi, mitra kerja, pemangku kepentingan. Dengan menampilkan sikap dan perilaku yang peduli akan nilai keberagaman dan menghargai perbedaan.


5. Saya diutus mengikuti suatu diklat. Oleh panitia penyelenggara saya ditempatkan sekamar dengan orang yang tidak saya kenal yang berasal dari kota Iain. Sikap saya adalah ...

A. Mengajukan keberatan tetapi akhirnya menerima aturan panitia
B. Protes keras dan minta ditempatkan sendiri
C. Mengajukan keberatan dan minta ditempatkan dengan minimal orang yang dikenal
D. Menerima aturan penitia dan berusaha mengenai dan memahami teman sekamar
E. Menerima aturan panitia

Pembahasan
Soal di atas bertujuan untuk mengetahui bagaimana sikap Anda dalam menghadapi perbedaan dengan bersikap tenang dan mampu mengendalikan emosi.



Untuk file lengkap Contoh Soal dan Pembahasan PPPK 2021 Kompetensi Sosial Cultural  bisa di download melalui tautan di bawah ini:

 

Contoh Soal danPembahasan PPPK 2021 Kompetensi Sosial Cultural

 Silahkan Download Soal-soal Ujian PPPK yang lain di bawah ini:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel