50 + Contoh Soal dan Kunci Jawaban Ujian PPPK Moderasi Beragama Kemenag Tahun 2022

 

50 + Contoh Soal dan Kunci Jawaban  Ujian PPPK Moderasi Beragama Kemenag  Tahun 2022 -  infosekolah87.com, Selamat kami ucapkan kepada teman-teman guru yang akan melaksanakan Ujian PPPK dan menunggu jadwaUjian PPPK tahun 2022. 

 

 

Sambil menunggu alangkah baiknya kita persiapan dalam menghadapi Ujian PPPK Guru Kemenag Tahun 2022, apa saja persiapanya silahkan baca : Tips  Sukses Mengerjakan Ujian PPPK Guru  Tahun 2022.

 

Ujian PPPK Moderasi Beragama Kemenag  Tahun 2022

Dalam postingan kali ini admin akan berbagi tentang 50 + Contoh Soal dan Kunci Jawaban  Ujian PPPK Moderasi Beragama Kemenag  Tahun 2022 yang mana bapak ibu bisa belajar sekaligus akan mendapatkan kunci jawaban sehingga akan membantu mempercepat dalam belajar Ujian PPPK Guru  Tahun 2022.

 

 

Seperti yang kita ketahui tahun 2022 ini Kementerian Agama membuka formasi dan seleksi PPPK sesuai surat edaran Nomor: P-6072/SJ/B.II.2/KP.00.1/12/2022 TENTANG PELAKSANAAN SELEKSI CALON PEGAWAI PEMERINTAH DENGAN PERJANJIAN KERJA (CPPPK) KEMENTERIAN AGAMA REPUBLIK INDONESIA TAHUN ANGGARAN 2022. 

Salah satu tahapan seleksi yang akan dilakukan adalah:

1. Seleksi Administrasi

2. Seleksi Kompetensi

A. Seleksi Kompetensi CAT BKN dengan bobot nilai 60%

B. Tes Moderasi Beragama Berbasis CAT Kementerian Agama dengan bobot nilai 40%

 

Mengingat bobot Moderasi beragama cukup besar yaitu 40%, maka perlu disiapkan bagi calon pelamar untuk membiasakan mengerjakan soal-soal Moderasi beragama. Berikut saya sajikan contoh-contoh soal moderasi beragama sebagai persiapan tes PPPK Kemenag. Semoga bermanfaat dan membantu bapak/ibu yang akan melaksanakan tes PPPK di Kementerian agama tahun ini

 

Soal 1

Perhatikan Q.S. Al-Hujurat ayat 13 berikut ini!

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ اِنَّا خَلَقْنٰكُمْ مِّنْ ذَكَرٍ وَّاُنْثٰى وَجَعَلْنٰكُمْ شُعُوْبًا وَّقَبَاۤىِٕلَ لِتَعَارَفُوْا ۚ اِنَّ اَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللّٰهِ اَتْقٰىكُمْ ۗاِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ

Pada penggalan ayat yang bergaris bawah di atas memiliki arti “ Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.". Asbabun Nuzul ayat ini berkaitan dengan peristiwa yang sangat erat dengan sikap moderasi dalam beragama, yaitu perbedaan suku, ras, bangsa tidak menjadi alasan untuk tidak saling menghormati.

Berikut ini peristiwa yang menyebabkan ayat ini turun adalah ....

Pilihan jawaban

A.        Bilal bin Rabah naik ke atas Ka'bah dan menyerukan azan pada peristiwa fathul Makkah

B.        Muadz bin jabal dikirim ke Yaman untuk berdakwah oleh rasulullah SAW

C.        Abdurahman bin Auf menginfakkan hasil perniagaannya untuk penduduk Madinah

D.        Rasulullah SAW berhijrah dari Makkah menuju Madinah

E.         Utsman bin Affan membeli sumur dari seorang Yahudi

Pembahasan:

Ada setidaknya dua kisah yang melandasi turunnya ayat di atas:

Kisah pertama: Terkait perbedaan pandangan dari para sahabat yang mempertanyakan mengapa Rasulullah meminta Bilal Bin Rabbah untuk menyerukan adazan di atas Ka’bah saat peristiwa Fathul Makkah. Sementara Bilal Bin Rabbah sendiri adalah bekas seorang budak berkulit hitam.

Kisah kedua: Berkaitan dengan peristiwa yang menimpa Abu Hind. Abu Hind sendiri adalah bekas budak yang kemudian bekerja sebagai tukang bekam. Nabi meminta kepada Bani Bayadhah untuk menikahkan salah satu putri mereka dengan Abu Hind. Tapi mereka menolak dengan alasan: "Ya Rasul, bagaimana kami hendak menikahkan putri kami dengan bekas budak kami.

Soal 2

Perhatikan Q.S. Al-Baqarah 256 berikut ini !

 

لَا إِكْرَاهَ فِي الدِّينِ ۖ قَدْ تَبَيَّنَ الرُّشْدُ مِنَ الْغَيِّ ۚ فَمَنْ يَكْفُرْ بِالطَّاغُوتِ وَيُؤْمِنْ بِاللَّهِ فَقَدِ اسْتَمْسَكَ بِالْعُرْوَةِ الْوُثْقَىٰ لَا انْفِصَامَ لَهَا ۗ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

 

Pada penggalan ayat yang bergaris bawah di atas memiliki arti “ tidak ada paksaan dalam agama”. Kesimpulan ungkapan tersebut memiliki makna....

Pilihan jawaban

A.         Agama tidak boleh memaksa pemeluknya untuk beribadah

B.         Dalam beragama asas kebebasan sangat dijunjung tinggi

C.         Kebebasan seseorang dalam beragama terikat dengan kebebasan beragama orang lain

D.         Tidak ada unsur pemaksaan untuk memeluk agama Islam

E.         Setiap agama tidak memaksa pemeluknya

Pembahasan:

Arti kata yang digarisbawahi لَا إِكْرَاهَ فِي الدِّينِ: tidak ada paksaan dalam memeluk agama. 

 

Soal 3

Moderasi beragama merupakan sesuatu yang kontradiktif dengan paham radikalisme beragama. Karena pemahaman yang tidak menyeluruh tentang Islam dalam konteks radix atau akar tadi, menimbulkan pemahaman yang keliru tentang Islam. Pengertian dari radikalisme yang tepat yaitu ...

Pilihan jawaban

A.         Gejala umum yang bisa terjadi dalam suatu masyarakat yang ditandai oleh tindakan-tindakan keras, ekstrim, dan anarkis sebagai wujud penolakan terhadap gejala yang dihadapi.

B.         kemampuan untuk berpikir dan bertindak sesuai dengan mata hati (conscience) dan determinasi

C.         sebuah ideologi, pandangan filsafat, dan tradisi politik yang didasarkan pada pemahaman bahwa kebebasan dan persamaan hak adalah nilai politik yang utama

D.         keyakinan (kepercayaan) yang terlalu kuat terhadap ajaran (politik, agama, dan sebagainya)

E.         Sebuah sikap menerima atau menghormati pandangan atau tindakan orang lain, sekalipun pandangan atau tindakan itu belum tentu disetujuinya.

Pembahasan:

Radikalisme: pandangan dan/atau tindakan yang berupaya membongkar sistem yang sudah mapan dan ada dalam kehidupan bernegara dengan cara kekerasan dan/atau melawan hukum. Radikalisme Beragama: Keyakinan dan/atau praktik beragama yang berupaya membongkar sistem yang sudah mapan dan ada dalam kehidupan bernegara dengan cara kekerasan dan/atau melawan hukum.

 

Soal 4

Kata moderasi berasal dari bahasa latin moderatio, yang berarti ke- sedang-an (tidak berlebihan dan tidak kekurangan). Lantas, yang dimaksud dengan moderasi beragama, yaitu sebagai berikut ...

Pilihan jawaban

A.         Taklid

B.         Ekstream

C.         Berlebih-lebihan

D.         mengedepankan keseimbangan dalam hal keyakinan

E.         mengedepankan kesepakatan golongan dalam hal keyakinan

Pembahasan:

Moderasi beragama berarti cara beragama jalan tengah sesuai pengertian moderasi tadi. Dengan moderasi beragama, seseorang tidak ekstrem dan tidak berlebih-lebihan saat menjalani ajaran agamanya. Orang yang mempraktekkannya disebut moderat. 

 

Soal 5

Menggambarkan watak Islam adalah moderat dalam hal bertindak, dan kesimbangan dalam segala urusan yang baik tindakan, ucapan atau pikiran. Hal berikut merupakan pengertian dari ...

Pilihan jawaban

A.         Keimanan

B.         Syari’at Islam

C.         Moderasi beragama

D.         Kerukunan beragama

E.         Ekstrimisme beragama

Pembahasan:

Orang moderat harus berada di tengah, berdiri di antara kedua kutub ekstrem itu. Ia tidak berlebihan dalam beragama, tapi juga tidak berlebihan menyepelekan agama. Dia tidak ekstrem mengagungkan teks-teks keagamaan tanpa menghiraukan akal/ nalar, juga tidak berlebihan mendewakan akal sehingga mengabaikan teks. Pendek kata, moderasi beragama bertujuan untuk menengahi serta mengajak kedua kutub ekstrem dalam beragama untuk bergerak ke tengah, kembali pada esensi ajaran agama, yaitu memanusiakan manusia.


Untuk Soal Selanjutnya hingga 50 Soal Silahkan download pada link tautan di bawah ini:

   50 + Contoh Soal dan Kunci Jawaban  Ujian PPPK Moderasi Beragama Kemenag  Tahun 2022

Demikianlah tulisan tentang    50 + Contoh Soal dan Kunci Jawaban  Ujian PPPK Moderasi Beragama Kemenag  Tahun 2022, smeoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel