UKG tidak akan mampu menggambarkan kompetensi guru yang sesungguhnya

UKG tidak akan mampu menggambarkan kompetensi guru yang sesungguhnya- Infosekolah87.com  Ketua Umum Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), Sulistyo mengatakan uji kompetensi guru (UKG) tidak akan mampu menggambarkan kompetensi guru yang sesungguhnya.
"UKG itu tidak akan mampu menggambarkan kompetensi guru yang sesungguhnya, kalaupun diikuti dengan penilaian kinerja guru, apakah Kemdikbud mampu menjamin bahwa penilaian kinerja itu dilakukan dengan benar dan mampu disatukan dengan nilai UKG dengan tepat," ujar Sulistyo dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (17/11).
Dia menambahkan berdasarkan pengalaman sebelumnya, Sulistyo mengaku tidak yakin Kemdikbud dapat menindaklanjuti hasil UKG dengan baik. Sama seperti UKG yang dilakukan pada 2012. Sekitar 1,6 juta guru telah ikut UKG pada 2012 dan sampai sekarang hasilnya belum dimanfaatkan.
"Selama ini, UKG juga hanya dimanfaatkan untuk bahan pemaparan saja," jelas dia.
Sebelumnya, PGRI menyatakan UKG hanya mampu mengukur dua kemampuan guru yakni pedagogik dan profesionalnya saja. Sementara aspek lainnya yakni sosial dan kepribadian tidak dinilai. Dua aspek terakhir tidak bisa dinilai oleh UKG dan sangat mempengaruhi kinerja guru.
pemerintah hendaknya melaksanakan pembinaan karir dan pofesionalitas dengan benar. Bagaimana guru, kepala sekolah, pengawas, dan tenaga kependidikan lainnya dibina dengan baik. (menurut sulistyo)
Guru hendaknya dilatih agar kualitas profesinya meningkat dan dijamin karirnya bisa berjalan dengan baik.
Kemdikbud menyelenggarakan UKG pada 9-27 November dan hasilnya digunakan untuk pemetaan.
"UKG bertujuan untuk pemetaan kompetensi guru khususnya ranah pedadogik dan profesional pada bidang yang sesuai dengan sertifikat pendidik," ujar Kasubdit Perencanaan Kebutuhan Guru, Penguatan Kualifikasi dan Kompetensi Pendidik Kemdikbud, Santi Ambarukmi.
Hasil UKG tersebut juga digunakan sebagai alat kontrol pelaksanaan penilaian kinerja guru, menentukan materi dan pola pelatihan guru, serta bahan pertimbangan pemberian penghargaan dan apresiasi kepada guru. [Ant/L-8]


Demikianlah Berita Tentang "UKG tidak akan mampu menggambarkan kompetensi guru yang sesungguhnya" semoga bermanfaat

0 Response to "UKG tidak akan mampu menggambarkan kompetensi guru yang sesungguhnya"

Post a Comment

Terima Kasih sudah berkunjung dan membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar, Jangan Lupa Like Halaman FB Info Seputar Madrasah