Terbaru Tiga Template Emis, Apa Fungsi dan Kegunaanya

Terbaru Tiga Template Emis, Apa Fungsi dan Kegunaanya

Terbaru Tiga Template Emis, Apa Fungsi dan Kegunaanya – Selamat pagi sahabat infosekolah87 pejuangnya madrasah Indonesia khususnya para operator madrasah Indonesia yang sudah berusaha sekuat tenaga untuk memajukan madrasah Indonesia.
Terbaru Tiga Template Emis, Apa Fungsi dan Kegunaanya

Saat ini Operator madrasah Indonesia sedang dihadapkan pada aplikasi-aplikasi yang sudah dibuat oleh Kemanag dalam upaya memajukan madrasah Indonesia, aplikasi yang saat ini yang baru dikerjakan adalah Si Bos Pintar dan Emis bagi yang sudah masuk jadwalnya. (baca Jadwal Revisi Emis online 2018)

Dalam kesempatan kali ini admin akan menulis tentang Template terbaru dari Emis. Template emis adalah sebuah file yang berbentuk form dalam bentuk exel yang sudah dibuat oleh pihak emis dan kita sebagai madrasah hanya tinggal mengisi data yang sudah ada kita lengkapi dengan data yang valid.

Templat emis ini digunakan untuk memudahkan dan mempercepat mengupload data dengan cara bersamaan yang tertuang dalam file form exel atau template emis. Tapi perlu dingat bahwa template emis ini hanya sebagai alternatif dalam mengapluad data, operator tidak diwajibkan menggunakan template emis ini.


Tiga Template Emis


Pada tahun ajaran 2018/2019 tepatnya di semester ganjil ini ada tiga template yang disipakan oleh pihak pusat diantaranya adalah :
  1. Template Emis Siswa Baru (PPDB),
  2. Template Emis Ruang Kelas,
  3. Template Emis Siswa Kelas Akhir.


Cara Mudah Mendapatkan Dan Menggunakan Tiga Template  Emis

Ada beberapa tahap untuk mendapatkan template emis yang pertama yang harus kamu lakukan adalah membuka web Emis dan mendownloadnya, setelah itu lakukan tahap-tahap dibawah ini untuk menggunakannya

1.     Mendownload template
2.     Mengisi template sesuai dalam format excel 
3.     Menyimpan template ke dalam format csv
4.     Mengunggah/mengupload template yang sudah diisi dan dalam format csv

Pembahasan Tiga Template Emis Funsi dan Kegunaannya

1. Template Emis Siswa Baru (PPDB)

Template siswa baru adalah File form exel yang berisikan data siswa baru yang dikhususkan untuk siswa baru TK, SD dan SMP

Dan untuk siswa baru yang berasal dari RA MI dan MTs cukup kita memasukkan data dengan memasukkan NSM dalam menu pencarian di menu siswa aktif.

PERHATIAN : khusus untuk MI jika bapak ibu mengambil dari data RA jika ada kesalahan dari RA maka otomatis data tersebut yang salah akan masuk dalam siswa baru dikelas satu dan untuk nama, tempat dan tanggal lahir kita tidak bisa mengeditnya.

Berikut aturan pengisian template emis siswa baru (PPDB) yang tertera pada web emis :
1.     Siswa yang diupload pada PPDB adalah Siswa Baru yang berasal dari Sekolah Umum (TK, SD, SMP, SMA).
2.     Pastikan Penulisan Nama, Tempat Lahir, Tanggal dan Lahir benar, sebelum menambahkan kedalam system.
3.     Saat ini system tidak menerima perbaikan Nama, Tempat Lahir, dan Tanggal Lahir.
4.     Data yang diupload, merupakan data per Rombel per Jenjang Pendidikan .
5.     Apabila dikemudian hari ditemukan siswa yang berasal dari madrasah di upload melalui menu PPDB ini, Madrasah menerima sebab akibat (sanksi) yang ditimbulkan dikemudian hari.
6.     Dilarang menambahkan kolom template.
7.     Baca Petunjuk Pengisian (terdapat dalam file excel).

2. Template Emis Ruang Kelas

Fungsi template emis ruang kelas adalah digunakan untuk melengkap terkait data kelas yang didalamnya meliputi ruang kelas, nama rombel, jurusan dan bahasa (khusus untuk jurusan bahasa)

Jika kondisi ruang kelas pada madrasah anda hanya sedikiti alangkah lebih baiknya lakukan input manual saja karena lebih mudah dan langsung bisa tersimpan daripada menggunakan template. Menu ruang kelas ini terdapa pada"Sarpras > Rincian Data Ruangan"

3. Template Emis Siswa Kelas Akhir

Sesuai dengan namanya template siswa kelas akhir fungsinya adalah untuk melengkapi data kelas akhir yang digunakan untuk pendataan calon peserta ujian (CAPESUN). 

Jadi CAPESUN ini harus benar - benar berisi data yang valid dan benar karena data ini menjadi acuan Identitas Peserta Ujian Nasional.

Berikut aturan pengisian template emis siswa kelas akhir yang tertera pada web emis :

  1.      Template Siswa Kelas Akhir berasal dari siswa jenjang kelas akhir
  2.      Apabila, terdapat siswa kelas akhir yang belum masuk dalam daftar dapat dimasukan dengan Mutasi Umum (siswa dari Sekolah Umum) atau Mutasi dari Madrasah Siswa berasal dari madrasah)


 Demikianlah tulisan singkat tentang tiga template siswa baru yang ada di Emis, semoga bermanfaat

Baca juga:

Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar