Surat Pengantar Pemutakhiran Data Emis Semester Genap Tahun 2018/2019

Surat Pengantar Pemutakhiran Data Emis Semester Genap Tahun 2018/2019

Surat Pengantar Pemutakhiran Data Emis Semester Genap Tahun 2018/2019 – Infosekolah87.com, Sahabat infosekolah87 pejuanganya madrasah Indonesia khususnya para Operator Madrasah. Pendataan Emis semester ganjil sudah berakhir pertanggal 30 Maret 2019 artinya pendataan Emis Semester genap akan dimulai pada tanggal 1April dan rencananya akan berakhir pada tanggal 31 Mei2019.
https://drive.google.com/file/d/1T_FPY-MtWr2cXDqHkYd0ljvF2HqcYs6G/view

Untuk lebih jelasnya silahkan simak surat edarannya dibawah ini :
Dengan  ini  diinformasikan  bahwa  Direktorat Jenderal  Pendidikan  Islam  Kementerian Agama akan  melaksanakan  pemutakhiran data  EMIS  Pendidikan   Islam  Periode  Semester Genap-Tahun  Pelajaran  2018/2019.  Sehubungan  dengan  hal  tersebut,  kami   sampaikan beberapa hal sebagai berikut:
1.   Pemutakhiran  data EMIS tersebut diberlakukan  bagi seluruh  entitas data di  bawah binaan
Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, yang meliputi :
a.    EMIS Madrasah, terdiri dari data RA, Ml, MTs,  MA dan Pengawas Madrasah berada di bawah koordinasi Bidang Pendidikan Madrasah/ Pendidikan  Islam (Pendis) di  tingkat Kanwil Kemenag Provinsi dan  Seksi Pendidikan  Madrasah/Pendis di tingkat Kankemenag Kab./Kota (sesuai tipologi masing-masing Kanwil dan Kankemenag Kab./Kota).
b.    EMIS  PD-Pontren,  terdiri dari  data Pondok Pesantren  (Pontren),  Madrasah  Diniyah Takmiliyah (MDT), Lembaga Pendidikan Al Qur'an (LPQ), Pondok Pesantren Salafiyah Penyelenggara Program Wajar Dikdas (PPS Wajar Dikdas), Pendidikan Diniyah Formal (PDF) dan Saluan Pendidikan Muadalah (SPM) berada di bawah koordinasi Bidang PD- Pontren/PAKIS/Pendis di tingkat Kanwil Kemenag Provinsi dan Seksi PD- Pontren/PAKIS/Pendis di tingkat Kankemenag Kab./Kota (sesuai tipologi masing-masing Kanwil dan Kankemenag Kab./Kota).
c EMIS  PD-Pontren tidak melakukan pendataan Program Pake! (A, B dan C) yang dikelola oleh PKBM di bawah naungan Pondok Pesantren. Pendataan penyelenggaraan Program Pake! tersebut dilakukan melalui DAPODIK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
d.    EMIS PAI, terdiri dari data Guru PAI, Pengawas  PAI dan Penyelengaraan PAI di Sekolah berada  di  bawah  koordinasi  Bidang  PAI/PAKIS/Pendis  di  tingkat  Kanwil Kemenag Provinsi dan Seksi PAI/PAKIS/Pendis Islam di tingkat Kankemenag Kab./Kota (sesuai tipologi masing-masing Kanwil dan Kankemenag Kab./Kota).
e.  EMIS PTKI, terdiri dari data PTKIN (UIN/IAIN/STAIN) dan PTKIS.

f.    Pendataan   PTKIN  di  bawah  koordinasi  Bagian  Perencanaan  dan  Data  atau  Pusat Teknologi  lnformasi  dan  Pangkalan  Data  (sesuai  unit  penanggungjawab   EMIS  yang ditunjuk di PTKIN masing-masing).
g.    Pendataan  PTKIS  di bawah koordinasi  Kopertais Wilayah sebagai  penanggung  jawab pendataan  EMIS PTKIS di wilayah masing-masing.
2.  Aplikasi  pendataan  EMIS dapat diakses pada laman:
a.
Aplikasi  EMIS Madrasah
emlspendis.kemenag.go.id/emis_madrasah
b.
Aplikasi EMIS PD-Pontren
emispendis.kemenag.go.id/emis_pontren
c. d.
Aplikasi EMIS PAI Aplikasi  EMIS PTKI
emlspendis.kemenag.go.id/emls_pai emispendis.kemenag.go.id/ptki
3.  Saluan  pendidikan  (RA,  Ml,  MTs,  MA, PTKI,  Pontren,  MDT, LPQ, PPS Wajar Dikdas,  PDF dan SPM), Guru PAI, Pengawas PAI dan Pengawas Madrasah yang tidak melakukan pemutakhiran data EMIS, tidak akan diakui oleh Kementerian Agama dan tidak berhak untuk mendapatkan  layanan dalam bentuk apapun dari  Direktorat Jenderal Pendidikan  Islam.
4 Jadwal pelaksanaan  pemutakhiran data EMIS Semester Genap Tahun Pelajaran 2018/2019 dimulai terhitung tanggal 1  April  2019 sampai dengan 31 Mei 2019.
5 Kepala  Kanwil  Kemenag  Provinsi diharapkan  untuk meneruskan  informasi  ini  ke seluruh satuan pendidikan  (RA,  Ml, MTs,  MA, Pontren,  MDT,  LPQ, PPS Wajar  DikdasPDF dan SPM), Guru PAI pada Sekolah, Pengawas PAI pada Sekolah dan Pengawas Madrasah yang bet'i1da di wilayahnya  melalui  Kankemenag  Kab./Kota.
6.    Kopertais Wilayah diharapkan  untuk meneruskan  informasi ini kepada seluruh PTKIS yang berada di wilayahnya.


Demikian disampaikan  untuk menjadi perhatian dan segera ditindaklanjuti. Alas perhatian dan kerjasamanya diucapkan terimakasih.
Untuk memiliki file Surat Pengantar Pemutakhiran Data Emis Semester Genap Tahun 2018/2019 , silahkan download melalui tautan dibawah ini:




Baca juga: