Kehidupan Sartono Sang Pencipta Lagu Himne Guru Tak Mempunyai Alat Musik

Sahabat infos87, sudahkah Anda berdoa untuk Bapak Sartono Sang Pencipta Lagu Himne Guru Yang Mana Sekarang Beliau di Rawat di Rumah Sakit
Semua tahu bahwa Himne Guru menjadi lagu wajib Nasional sejak 1980. Namun tahukah, sang pencipta lagu legendaris itu, Sartono, kehidupannya benar-benar jauh dari nasib para guru yang ia sebut pahlawan tanpa tanda jasa itu.Saking melaratnya, pencipta dan pengarang lagu itu bahkan tak mampu membeli alat musik.
Istri Sartono, Ignatia Damijati, mengungkapkan selama ini suaminya hanya mengandalkan insting dan telinganya ketika mengarang lagu. Tahun 1980, ketika ia menciptakan lagu Himne Guru, Sartono pun dengan tekun menggunakan bibirnya untuk bersiul-siul.
“Bapak rengeng-rengeng sambil bersiul. Lalu, ia tulis not-notnya di kertas. Seperti itu yang bapak lakukan,” paparnya saat berbincang denganMadiunpos.com, Senin (26/1/2015).
Kebiasaan suaminya itu terus berjalan sampai bertahun-tahun lamanya. Bakat musik dan mengarang Sartono terasah dari pekerjaanya sebagai pemain musik serabutan bersama rekan-rekannya. Selama bertahun-tahun menjadi pemain musik itu, tak ada yang berubah dari nasib Sartono. Ia tetap melarat. Ia bahkan tak mampu membeli alat musik yang menjadi kehidupannya itu.
“Baru-baru ini saja Bapak menerima kado organ dari salah satu institusi. Tapi, bapak kan sudah pikun dan tak bisa lagi bermain musik sekarang. Jadi, ya organnya enggak kepakai,” ujar Damijati.
Sartono pikun sejak empat tahun lalu. Di dalam rumahnya di ujung Jl Halmahera Kartoharjo, Kota Madiun, tak ada aktivitas yang ia lakukan, selain duduk, makan, dan bicara sendiri tanpa makna yang jelas.
Beruntung, istri setianya memiliki sumber penghasilan sebagai pelatih kesenian ketoprak dan penyewa kostum pementasan. Selain itu, Sartono kini mulai banyak mendapatkan perhatian dari pemerintah dan swasta setelah 30 tahun jasa-jasanya menciptakan Himne Guru tak pernah diperhatikan pemerintah.

Sumber : madiunpos.com
Marilah Kita Berdoa untuk Kesembuhan Beliau

0 Response to "Kehidupan Sartono Sang Pencipta Lagu Himne Guru Tak Mempunyai Alat Musik"

Post a Comment

Terima Kasih sudah berkunjung dan membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar, Jangan Lupa Like Halaman FB Info Seputar Madrasah