MTsN 1 Malang Raih Medali Emas di ISPO 2016 Mengalahkan SMA

MTsN 1 Malang Raih Medali Emas di ISPO 2016 Mengalahkan SMA
MTsN 1 Malang Raih Medali Emas di ISPO 2016 Mengalahkan SMALagi-lagi Madrasah Lebih baik, kemarin Madrasah sudah membuktikan denagn juaranya Inovasi 2 Siswi MTs Diganjar Bronze Medal di IPITEX Thailand, sekarang Siswa MTsN 1 Malang berhasil meraih medali Emas untuk Bidang Teknologi pada Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) 2016, simak berita selengkapnya yang kami kutib dari portal resmi kemenag, baca berita selengkapnya,  Siswa madrasah kembali berprestasi.  Siswi-siswi MTsN 1 Malang berhasil meraih Medali Emas untuk Bidang Teknologi pada Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) 2016 yang digelar di Semarang pada 20 – 21 Februari lalu.  Mereka adalah Amelia Putri Wulandari  dan Nalita Livia Chandradevi.


Kedua siswi ini menciptakan alat terapi untuk membunuh bakteri pada sapi perah yang terkena penyakit mastisis (Mastitis Therapeutic Technology: Innovation of Dairy Cows Matitis Therapeutic Tool Through Electroporation Technology).  Dengan menggunakan alat ini, susu yang dihasilkan oleh sapi akan bebas bakteri. Salah satu juri di ISPO menyatakan bahwa ini merupakan solusi terbaik yang bisa dilakukan karena selama ini peternak memakai antibiotik yang bisa mengkontaminasi susu yang dihasilkan sapi.

Selaku Guru pembimbing siswa MTsN 1 Malang, Lailatul Chusniah  menjelaskan bahwa ada 500 laporan penelitian yang dipamerkan dan dilombakan di ISPO 2016.  Dari jumlah itu, diambil 82 laporan untuk masing-masing 6 bidang. Laporan penelitian siswa MTsN 1 Malang masuk dalam bidang Teknologi. Dari 82 Laporan tersebut disaringlah menjadi 15 Finalis. Dan satu-satunya finalis dari tingkat Sekolah Menengah Pertama adalah MTsN 1 Malang. Peserta lainnya adalah tingkat SMA.

baca juga 

Tiga Madrasah Raih Anugerah Integritas dari 503 Sekolah Peraih Penghargaan Sekolah Berintegritas


Menurut Lailatul Chusniah, alat hasil kreasi siswa MTsN 1 malang ini sudah dilakukan uji Laboratorium di Universitas Brawijaya. Selain itu, alat tersebut juga  telah dilakukan Uji Lapangan di Peternakan Dau Malang selama dua minggu. 

“Alat ini menjadi solusi terbaik bagi peternakan sapi dan produksi susu.  Sampai-sampa pihak panitia ISPO merekomendasikan kami untuk mengikuti lomba selanjutnya di Thailand. Prof. Riri Fitri Sari dari Universitas Indonesia yang menjadi juri di bidang Teknologi bersedia mendampingi kami untuk persiapan ke Thailand,” tutur Laili, panggilan akrab Lailatul Chusniah.
Atas inovasi tersebut, kedua siswi MTsN 1 Malang mendapatkan medali emas, piagam dan uang penghargaan sebesar 2 juta rupiah.

Indonesian Science Project Olympiad (ISPO) merupakan salah satu kegiatan yang diadakan oleh Pacific Countries Social And Economic Solidarity Association (PASIAD), sebuah lembaga sosial dan pendidikan dari Turki. Kegiatan ISPO didukung oleh Kementerian Pendidikan Nasional Republik Indonesia, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), dan sejumlah perguruan tinggi ternama, yaitu: Universitas Indonesia (UI), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Negeri Semarang (UNES), dan Universitas Syiah Kuala. Tujuan dari ISPO adalah merangsang bakat-bakat muda untuk berpikir, melakukan pengamatan, mengembangkan dan menyelami rasa keingintahuannya yang mengarah pada suatu solusti praktis.

Demikianlah informasi tentang MTsN 1 Malang Raih Medali Emas di ISPO 2016 Mengalahkan SMA, Semoga bermanfaat


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel