Kumpulan Soal AKM SD/MI NUMERASI PDF dan Kunci Jawaban

 

Kumpulan Soal AKM SD NUMERASI PDF dan Kunci Jawaban-  infosekolah87.com, sahabat infosekolah87 pejuangnya pendidikan Indonesia, pelaksanaan AKM akan segera dilaksanakan, untuk itu kita semua harus mempersiapkkan dalam menghadapi pelaksanaan AKM ini, Soal-soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) terdiri dari dua bagian, yaitu asesmen pada kemampuan bernalar menggunakan bahasa (literasi membaca) dan asesmen kemampuan bernalar menggunakan matematika (numerasi).
Kumpulan Soal AKM SD NUMERASI PDF dan Kunci Jawaban

 

Literasi membaca ini adalah kemampuan untuk memahami, menggunakan, mengevaluasi, merefleksikan bentuk-bentuk teks tertulis yang dibutuhkan oleh masyarakat dan dihargai oleh individu. Pembaca dapat membangun makna dari teks dalam berbagai bentuk.

 

“Mereka membaca untuk mengembangkan pengetahuan dan potensi agar dapat berpartisipasi dalam masyarakat sebagai warga negara Indonesia dan dunia,” kata Mira Josy Moestadi, S.H., M.Si., dari Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hal itu ia sampaikan dalam webinar bertajuk ‘Mengenal Lebih Dekat Bentuk Soal AKM Sekolah Dasar’ yang diselenggarakan oleh Direktorat Sekolah Dasar, Kemendikbud pada Jumat, 9 April 2021.

 

Mira melanjutkan, konteks yang ada dalam literasi membaca teks sastra adalah peserta didik dapat memperoleh hiburan, menikmati cerita, dan melakukan perenungan untuk menghayati permasalahan kehidupan yang ditawarkan pengarang atau pembaca cerita. Kemudian ada teks informasi yaitu peserta didik dapat memperoleh fakta, data, dan informasi untuk pengembangan wawasan dan ilmu pengetahuan yang bersifat ilmiah. Selain itu juga ada konteks personal, sosial budaya dan saintifik.

Semnatara itu untuk konteks numerasi, juga ada konteks personal yang berfokus pada aktivitas seseorang, keluarganya, atau kelompoknya. Kemudian konteks sosial budaya yang berkaitan dengan masalah komunitas atau masyarakat, baik itu lokal atau daerah, nasional, maupun global.

 

Dan konteks saintifik yaitu berkaitan dengan aplikasi matematika di alam semesta dan isu serta topik yang berkaitan dengan sains dan teknologi. “Untuk level kognitif, numerasi ini sendiri adalah pemahaman (knowing), aplikasi (applying), penalaran (reasoning),” ujar Mira.

Bentuk-bentuk soal AKM sendiri berupa pilihan ganda, menjodohkan, esai atau uraian, pilihan ganda kompleks dan isian atau jawaban singkat. Untuk pilihan ganda terdiri atas pokok soal dengan beberapa pilihan jawaban dan terdapat satu jawaban yang benar.

 

Untuk pilihan ganda kompleks terdiri atas pokok soal dengan beberapa pernyataan (minimal 3). Pernyataan dapat diikuti kolom pilihan jawaban ya atau tidak, benar atau salah, atau lebih dari 2 pilihan jawaban. Selain itu peserta didik menjawab dengan memberi tanda centang pada kolom yang sesuai dan peserta didik pun memberi tanda centang di setiap pernyataan yang benar pada kotak depan pernyataan.

 

Jawaban menjodohkan adalah mengukur kemampuan peserta tes dalam mencocokkan, menyesuaikan, dan menghubungkan antara dua pernyataan. Bentuk soalnya terdiri atas dua lajur, lajur kiri untuk pokok soal dan lajur kanan untuk jawaban. Jumlah jawaban lebih banyak daripada jumlah pokok soal. Peserta didik menjawab dengan cara menghubungkan pokok soal dengan jawaban yang tepat.

 

Sementara untuk soal yang jawabannya singkat, jawaban dapat berupa frasa, kata, angka, atau simbol. Soal isian juga harus disusun dalam kalimat berita, sedangkan soal jawaban singkat disusun dalam bentuk pertanyaan.

 

Dibawah ini adalah contoh soal AKM Kelas 5 SD dalam bentuk PDF, supaya bapak ibu bisa simpan dalam laptop atau HP bahkan bisa di print out dengan mudah.

Kumpulan Soal AKM SD NUMERASI PDF dan Kunci Jawaban


Kumpulan Soal AKM SD NUMERASI PDF dan Kunci Jawaban
Link Download ada di akhir artikel


Langsung saja download contoh soal AKM Kelas 5 SD dalam bentuk PDF  melalui tautan dibawah ini:


CONTOH SOAL AKM KELAS 5 SD NUMERASIPDF


Demikianlah tulisan singkat tentang Contoh Soal AKM Kelas 5 SD Numerasi PDF, semoga bermanfaat. Bapak ibu juga bisa download contoh soal AKM yang lain pada tautan di bawah artikel ini.

 Silahkan download Contoh Soal AKM di bawah ini:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel