Pendidikan Profesi Guru Kemenag Digelar Pertengahan 2023

 Pendidikan Profesi Guru Kemenag Digelar Pertengahan 2023

Sahabat infosekolah87 pejuangnya madrasah, kali ini admin infosekolah87 akan membagikan informasi tentang Pendidikan Profesi Guru Kemenag Digelar Pertengahan 2023

Bogor (Kemenag) --- Regulasi program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Madrasah sudah masuk tahap finalisasi. Direktur Guru dan Tenaga Kependidikan Madrasah, Muhammad Zain mengatakan, PPG baik dalam jabatan maupun pra jabatan, akan mulai dilakukan pada pertangahan tahun 2023.

 

Hal ini ditegaskan Muhammad Zain dalam review dan uji publik regulasi program PPG Madrasah. Kegiatan tersebut berlangsung di Bogor, 13 - 15 Maret 2023, dan dihadiri Tim Panitia Nasional PPG Kementerian Agama.

Pendidikan Profesi Guru Kemenag Digelar Pertengahan 2023

 

Ada dua regulasi yang direview, yaitu: regulasi PPG Dalam Jabatan dan PPG Prajabatan. “Kedua kegiatan tersebut akan dilaksanakan pada pertengahan tahun ini,” tegas Zain, panggilan akrabnya, di Bogor, Senin (13/3/2023).

 

"Alhamdulillah regulasi program PPG Dalam Jabatan dan PPG Prajabatan sudah dalam tahap finalisasi. Saya berharap regulasi ini dapat segera dirilis untuk menjawab antusiasme para guru dan calon guru yang sangat luar biasa terhadap kedua program tersebut," sambungnya.

 


Menurut Zain, Kemenag akan terus melakukan inovasi dalam pengembangan mutu penyelenggaraan PPG. Hal ini bertujuan agar guru lulusan PPG adalah guru yang cakap dengan perkembangan kompetensi abad 21.

 

"Penguasaan teknologi dan literasi digital menjadi modal penting bagi guru madrasah agar dapat bersaing di era disrupsi yang serba tak menentu ini. Jangan sampai guru tidak mau dan tidak mampu untuk mengikuti perkembangan-perkembangan teknologi terkini. Oleh karena itu saya berharap PPG ini bisa menjadi tonggak utama dalam meningkatkan kompetensi guru tersebut," tegas Zain.

 

Kepala Subdirektorat Bina GTK MI dan MTs, Ainurrafiq menyampaikan bahwa Kementerian Agama juga terus berupaya meningkatkan kuota penyelenggaraan PPG Madrasah. Menurutnya, di tahun ini Kemenag tidak hanya mengandalkan dana APBN untuk penyelenggaraan PPG, akan tetapi juga ada sokongan dana dari LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) yang jumlahnya sangat fantastis. 

 

Subkoordinator Bina Guru MI dan MTs, Mustofa Fahmi menambahkan, saat ini skema penyelenggaraan PPG di Kementerian Agama akan lebih bervariatif demi meningkatkan kualitas mutu penyelenggaraan. PPG bukan semata berorientasi dalam hal kesejahteraan, namun penguatan kompetensi guru secara utuh dalam memberikan layanan pembelajaran yang kekinian. 

Ada empat skema Pelaksanaan PPG Dalam Jabatan, yaitu untuk: 1) Guru dengan TMT mengajar maksimal 31 Desember 2015; 2) Guru dengan TMT mengajar 1 Januari 2016 - 31 Desember 2020; 3) Perpanjangan masa studi bagi mahasiswa PPG 2018 dan 2019 yang habis masa studinya; dan 4)  PPG bagi guru eks-PLPG 2017 yang akan diselenggarakan dengan mekanisme konversi nilai.

 

"Di samping PPG Dalam Jabatan, Kementerian Agama juga akan menyelenggarakan PPG Prajabatan yang akan dimulai pada pertengahan tahun ini. PPG Prajabatan ini akan menyasar para freshgraduate lulusan PTKIN dengan jurusan keagamaan yang ingin berkarir menjadi guru professional," tutupnya.

 

Silahkan bapak ibu bisa latihan soal yang sudah kami sediakan semoga bermanfaat.

100+ Contoh Soal Pretes PPG PAI Kemenag2019 Lengkap  Kunci Jawaban = https://bit.ly/3SdaR99

100+ Contoh Soal dan Kunci Jawaban Pretes PPG Guru Kelas RA/PAUD = https://bit.ly/3zk1ID8

3 Paket Contoh Soal Potensi Akademik Pretes PPG Kemenag 2022 = https://bit.ly/3vrNdMn

500+ Contoh Soal Dan Kunci Jawaban Pretest PPG Kemenag 2022 = https://bit.ly/3vswyZf

200 + Contoh Soal Persiapan Pretes PPG Kemenag 2022 = https://bit.ly/3vtefCX

Latihan Soal Untuk Persiapan Pretes PPG Kemenag Mapel Bahasa Indonesia = https://bit.ly/3OLVfXa

300+ contoh soal dan kunci jawaban soal pretes PPG 2022= https://bit.ly/3OKq3Yf

100+ Soal Pretes PPG Kemenag 2022 = https://bit.ly/3vw08Nh

Kisi-Kisi Pretest PPG Semua Mata Pelajaran = https://bit.ly/3Q6tdXr

Download 100+ Contoh Soal Pretes PPG PAI 2022 = https://bit.ly/3Qc5cOZ

100+ Contoh Soal Pretes PPG PAI SD 2022 = https://bit.ly/3PLMON5

 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel