Download PDF Juknis Bantuan Kinerja dan Bantuan Afirmasi Tahun 2023 bagi madrasah se-Indonesia

 

Download PDF Juknis Bantuan Kinerja dan Bantuan Afirmasi Tahun 2023 bagi madrasah se-Indonesia - Sahabat infosekolah87 pejuangnya madrasah Indonesia, banyak sekali yang bertanya terkait dengan  Apa itu Bantuan Kinerja dan Bantuan Afirmasi (BKBA) dan bagaimana cara agar madrasah bisa mendapatkan BKBA tersebut?


 

kita tahu bahwa Kemenag lewat Dirjen Pendis telah menerbitkan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 2261 Tahun 2023 Tentang Petunjuk Teknis Pengelolaan Bantuan Kinerja dan Bantuan Afirmasi Madrasah Tahun Anggaran 2023. SK Dirjen ini ditandatangani langsung oleh Direktur Jenderal, Muhammad Ali Ramdhani pada 27 April silam.


dalam diktum kedua keputusan ini disebutkan bahwa juknis ini merupakan pedoman bagi Tim Pengelola Bantuan pada tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, dan satuan pendidikan madrasah dalam pengelolaan, penggunaan, dan penanggungjawaban dana Bantuan Kinerja dan Bantuan Afirmasi Madrasah Tahun Anggaran 2023.

 

Apa Itu Bantuan Kinerja dan Bantuan Afirmasi Madrasah

 

Bantuan Kinerja dan Bantuan Afirmasi Madrasah merupakan stimulan bagi madrasah yang sudah melaksanakan EDM e-RKAM dengan baik.

Bantuan Kinerja adalah bantuan dana langsung kepada madrasah sebagai bentuk apresiasi atas kenaikan capaian Standar Nasional Pendidikan (SNP). Bantuan Kinerja diberikan kepada madrasah yang telah menerapkan sistem perencanaan dan penganggaran berbasis elektronik melalui aplikasi e-RKAM dan memenuhi beberapa indikator kinerja yang ditetapkan.

 

Kepada madrasah tersebut, diberikan Bantuan Kinerja sebesar Rp 100.000.000 (seratus juta rupiah) sebagai bentuk penghargaan untuk mempertahankan dan meningkatkan kompetensi dan kualitas madrasah.

 

Sedang Bantuan Afirmasi adalah bantuan dana bagi madrasah yang memiliki sumber daya terbatas agar dapat digunakan kegiatan yang dapat meningkatkan capaian SNP. Bantuan Afirmasi diberikan kepada madrasah potensial yang (masih) berkinerja rendah untuk membantu percepatan pemenuhan SNP.

 

Kepada madrasah tersebut diberikan bantuan senilai Rp. 150.000.000 (seratus lima puluh juta rupiah) dalam rangka peningkatan kualitas madrasah.

 

Seleksi dan penyaluran BKBA ini telah diujicobakan pada 2021 dengan penyaluran kepada 2.302 madrasah (Peserta Bimtek EDM ERKAM Tahun 2020 atau Angkatan I). Selanjutnya akan disalurkan kepada 3.177 madrasah peserta Bimtek EDM ERKAM Tahun 2021 / Angkatan 2 dan  2.271 madrasah peserta Bimtek Tahun 2022 atau Angkatan 3.

untuk di ingat tidak semua madrasah mendapatkan bantuan kinerja dan bantuan afirmasi ini, madrasah yang mendapatkan harus memenuhi syarat yang sudah ditetapkan.

 

Silahkan baca Syarat penerima Bantuan Kinerja dan Bantuan Afirmasi madrasah tahun 2023

Langsung saja Silahkan Download PDF Juknis Bantuan Kinerja dan Bantuan Afirmasi Tahun 2023 bagi madrasah se-Indonesia, melalui tautan di bawah ini:

 Download PDF Juknis Bantuan Kinerja dan Bantuan Afirmasi Tahun 2023 bagi madrasah se-Indonesia

Sosialisasi Materi JUKNIS BANTUAN KINERJA DAN AFIRMASI TAHUN 2023 BAGI MADRASAH

Demikianlah informasi tentang Download PDF Juknis Bantuan Kinerja dan Bantuan Afirmasi Tahun 2023 bagi madrasah se-Indonesia, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel