Pos Ujian Madrasah (UM) Tahun Pelajaran 2021/2022

 

Pos Ujian Madrasah (UM) Tahun Pelajaran 2021/2022 – infosekolah87.com,sahabat infosekolah87 pejuangnya madrasah Indonesia, Sesuai dengan pengertian yang tercantum dalam POS UM 2022, Ujian Madrasah atau biasa disebut UM, adalah ujian yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan madrasah, berupa kegiatan pengukuran capaian kompetensi siswa dengan mengacu pada Standar Kompetensi Lulusan.

 

Pos Ujian Madrasah (UM) Tahun Pelajaran 2021/2022

Sebagaimana diketahui, kegiatan penilaian hasil belajar di madrasah terdiri atas beberapa macam. Mulai dari Penilaian Harian (PH), Penilaian Akhir Semester (PAS), Penilaian Akhir Tahun (PAT), dan Ujian Madrasah (UM). 

Ujian Madrasah meliputi seluruh mata pelajaran yang diajarkan pada kelas akhir satuan pendidikan, baik kelompok mata pelajaran wajib maupun muatan lokal. UM diikuti oleh peserta didik pada akhir jenjang pendidikan pada Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) / Madrasah Aliyah Kejuruan (MAK) sebagai salah satu persyaratan untuk penentuan kelulusan.

 

Pada penyelenggaraan di tahun ini, Ujian Madrasah dapat berbentuk portofolio, penugasan, praktik, tes tertulis, dan/atau bentuk yang ditetapkan satuan pendidikan. Berbagai bentuk tersebut dipilih salah satu atau gabungan beberapa bentuk. Moda yang digunakan bisa menggunakan daring ataupun luring, baik Ujian Madrasah Berbasis Komputer (UMBK) ataupun Ujian Madrasah Berbasis Kertas Pencil (UMKP). Hal ini sebagai bentuk antisipasi atas masa pandemi Covid-19 yang belum berakhir.

 

Kisi-kisi UM disusun oleh guru mata pelajaran dan ditetapkan oleh madrasah penyelenggara UM dalam bentuk SK Kepala Madrasah. Tetapi khusus untuk mata pelajaran al Quran-Hadis, Akidah-Akhlak, Fikih, SKI dan Bahasa Arab, kisi-kisinya disusun oleh Kementerian Agama RI.

 

Terkait dengan waktu pelaksanaan Ujian Madrasah, masih merujuk pada POS UM 2022, ditentukan oleh masing-masing madrasah penyelenggara UM. Penyelenggaraannya memperhatikan ketuntasan kurikulum, kalender pendidikan di masing-masing madrasah, hari libur nasional dan

 

 

Download POS UM  2022

 

Untuk lebih jelasnya silakan baca dan pelajari Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Nomor 455 Tahun 2022 Tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Madrasah tahun pelajaran 2021/2022.

 

 

Untuk mengunduh, sila download melalui tautan dibawah ini”

 

Pos Ujian Madrasah (UM) Tahun Pelajaran 2021/2022

 

Demikianlah informasi tentang Pos Ujian Madrasah (UM) Tahun Pelajaran 2021/2022, semoga bermanfaat.

 Atau Bapak Ibu mencari Soal yang lain ada di bawah ini :


  50+ Contoh Soal dan Kunci Jawaban UAMBN Aqidah Akhlaq Tingkat MI Tahun 2020

  50+ Contoh Soal dan Kunci Jawaban UAMBN Al-Qur'an Hadist Tingkat MI Tahun 2020

  Contoh Soal dan Kunci Jawaban UAMBN MA Mapel Fiqih 2020

  50+ Contoh Soal Dan Kunci Jawaban UAMBN Fiqih MA

  50+ Contoh Soal dan Kunci Jawaban UAMBN SKI Hadist Tingkat MI Tahun 2020

  Soal dan Kunci Jawaban Al Qur'an Hadits MA - DOWNLOAD

  Soal dan Kunci Jawaban Akidah Akhlak MA - DOWNLOAD

  Soal dan Kunci Jawaban Fikih MA - DOWNLOAD

  Soal dan Kunci Jawaban Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) MA - DOWNLOAD


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel